Sering Diblokir, Kenapa Binomo Masih Bisa Eksis Terus?

Binomo Ambassador Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Binomo Ambassador Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Like

Siapa yang disini masih sering melihat situs web Binomo bertebaran di dunia maya? Walaupun sudah sering dan banyak web yang diblokir, tapi kok situs web milik Binomo masih terus muncul ya, Be-mers? Baik situs yang resmi dari Binomo-nya sendiri maupun situs yang non-resmi.

Nah, menurut Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), munculnya Binomo yang nggak kapok-kapok itu disebabkan karena mudahnya membuat domain baru untuk membuat websitenya.

Mereka menggunakan jasa web hosting dari perusahaan luar negeri, yang memudahkan mereka mengganti nama setelah domainnya diblokir. Duh, iseng banget, ya!
 

Apa Sih Binomo Itu?

Bagi yang belum tau, Binomo ini adalah platform trading Binary Option yang digunakan untuk kegiatan jual beli aset keuangan. Aset-aset tersebut berupa forex, saham, derivatif, hingga kripto.

Option yang dimaksud adalah opsi atau pilihan prediksi harga naik atau turun, yang didasarkan pada periode waktu tertentu untuk mendapatkan profit atau bahkan rugi yang akan dialami oleh para trader atau investor.
 

Binomo Logo Illustration Web Bisnis Muda - Investing Stock Online

Binomo Logo Illustration Web Bisnis Muda - Investing Stock Online


Platform trading yang satu ini beroperasi secara online, tidak memiliki kantor fisik, bahkan tidak ada pihak yang bisa dimintai pertanggung jawaban di Indonesia. Makanya, hal tersebut sangatlah mencurigakan.


Jika pengguna platform tersebut mengalami kerugian, Bappebti pun tidak bisa dan tidak berwenang untuk memfasilitasi media nasabah. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, pihak Bappebti rutin melaksanakan pengamatan dan pengawasan.

Dalam pengawasan tersebut, Bappebti bekerja sama dengan Kemenkominfo untuk memblokir domain situs dari entitas yang melakukan penawaran investasi Binary Option, jadi, nggak hanya Binomo yang jadi targetnya, Be-emers.

Untuk Binomo sendiri, pemblokiran situsnya sudah dimulai bulan Oktober 2019 dan sudah berhasil memblokir 27 website agar tidak bisa diakses di Indonesia. Walau sudah sebanyak itu pun, Binomo masih sering muncul dengan domain-domain baru lho, Be-emers!

Pemblokiran tersebut gencar dilakukan untuk menghindari masyarakat dari kerugian karena investasi bodong. Sebab, beberapa waktu belakangan ini, animo masyarakat terhadap transaksi di perdagangan berjangka komoditi (PBK) selama pandemi ini terus meningkat.

Bappebti juga menambahkan bahwa setiap pihak yang belum mendapatkan izin usaha dari Bappebti dilarang mengoperasikan kegiatan perdagangan berjangka melalui promosi hingga pelatihan.

Duh, harus ekstra hati-hati ya Be-emers, biar nggak terjebak dalam tipu muslihat website investasi bodong macam Binomo ini!