Bakal Buka di Indonesia, Ini Fun Fact Subway yang Perlu Kamu Ketahui

Like

Subway Bakal Buka di Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Subway Bakal Buka di Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

Subway Pernah Ekspansi ke Indonesia Tahun 90an!

Restoran Subway mungkin sering kamu lihat di sejumlah film Hollywood atau bahkan drama Korea nih, Be-emers. Namun, ternyata Subway juga pernah ekspansi ke Indonesia lho!

Tepatnya di era 90an, gerai Subway pernah eksis di sejumlah lokasi di Jakarta dan Bali nih, Be-emers. Diketahui, Subway pernah aktif beroperasi di Mal Pondok Indah, Mal Taman Anggrek, Plaza Senayan, dan Kuta.

Sayangnya, eksistensi Subway sebagai restoran cepat saji kala itu belum bisa bertahan lama. Hingga di tahun 2005, Subway terpaksa hengkang dari Indonesia. Namun, kini Subway sudah bersiap untuk kembali eksis di Indonesia!

 

Subway Bakal Buka di Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Subway Bakal Buka di Indonesia Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

Pemegang Lisensi Waralaba Subway di Indonesia

Berdasarkan informasi di laman IDX, Subway akan kembali membuka gerai di Indonesia melalui kerjasama dengan PT Sari Sandwich Indonesia, yang notabene merupakan anak usaha PT Map Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) nih, Be-emers.

Adapun, MAPB juga merupakan entitas usaha dari PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI). Diketahui dari laman resminya, Mitra Adiperkasa menjadi pemegang lisensi sejumlah brand internasional di Indonesia, seperti SOGO, Zara, hingga Reebok.


Sementara MAPB, dilansir dari laman Bisnis, telah memiliki lebih dari 590 gerai yang mengoperasikan brand bisnis makanan dan minuman seperti Starbucks, Pizza Marzano, hingga Krispy Kreme.

Baca Juga: Bakrie Utang Ke KFC? Ini Kronologinya!

MAPB pun kini resmi menggenggam Subway menjadi bagian dari usahanya. Melalui Sari Sandwich Indonesia, kemitraan tersebut akan memungkinkan Subway untuk membuka sejumlah gerainya di Indonesia dan dimulai pada kuartal IV/2021.

Seiring dengan kabar masuknya Subway di Indonesia, saham MAPB pun langsung melesat hingga 11,46 persen ke level Rp1.750 di perdagangan Rabu (25/8). Sementara itu, dari data RTI Business, selama enam bulan belakangan, saham MAPB meningkat 27,82 persen.

Gimana, sudah siap buat borong sandwich Subway? Atau mending borong saham yang mengelola Subway aja?