Viral Tersandung Kasus Kriminal, Siapa Sebenarnya Sosok Elizabeth Holmes?

Siapa Sosok Elizabeth Holmes Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Siapa Sosok Elizabeth Holmes Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Like

Belakangan, nama Elizabeth Holmes menjadi viral seiring dengan kasus kriminal yang menimpanya terkait penipuan federal yang dilakukannya. Sebenarnya, siapa sih sosok Elizabeth Holmes?

Selasa (31/8), merupakan hari persidangan kasus penipuan mantan CEO Theranos Elizabeth Holmes dimulai. Holmes harus menghadapi sidang pertamanya setelah dirinya dan mantan COO Theranos Ramesh Balwani, dilansir Business Insider, dituduh menipu investor, dokter, dan pasien.

Holmes dan Balwani pun harus menghadapi bayang-bayang hukuman 20 tahun penjara, denda US$ 2,75 juta, dan restitusi akibat perbuatan mereka yang sebelumnya pernah berjanji untuk merevolusi pengujian diagnostik dalam perawatan kesehatan.

Business Insider mencatat, penyelidik FDA menuntut untuk memeriksa fasilitas Theranost di tahun 2015. Dari situ lah, regulator pemerintah menemukan ketidakakuratan dalam pengujian yang dilakukan Theranos.

Dari data Wall Street Journal (WSJ), SEC mulai menginvestigasi Theranos. Alhasil, mulai dari operasi laboratorium hingga sejumlah pusat kesehatannya tutup selama berbulan-bulan.


Penyelidikan demi penyelidikan yang dilakukan terhadap bisnis Theranos pun membuat kinerja perusahaan tersebut terancam. Pada 2018, dilansir Business Insider, Elizabeth Holmes pun akhirnya berhenti sebagai CEO Theranos.

Baca juga: Dikenal dengan Kasus Skema Ponzi Terbesar, Siapa Sosok Bernard Madoff?

 

Elizabeth Holmes Mendirikan Theranos di Usia 19 Tahun

Elizabeth Anne Holmes yang lahir pada 3 Februari 1984 ini memang terkenal sebagai salah satu pengusaha sukses di usia muda.

Namun, di balik kesuksesannya dalam mendirikan startup Theranos, Elizabeth Holmes pernah drop out dari dari kampusnya lho!

Dilansir Business Insider, Elizabeth Holmes pernah menempuh pendidikan di jurusan Teknik Kimia Universitas Stanford. Sayangnya, di tahun 20003, ia terpaksa harus keluar dari kampus ternama dunia itu.

Di usianya yang masih menginjak angka 19 tahun kala itu, Elizabeth Holmes lantas memutuskan untuk mendirikan perusahaan rintisan sekaligus aktif bekerja sebagai CEO Theranos.

Buat kamu yang belum tahu, Theranos merupakan sebuah perusahaan rintisan yang menangani tes darah (blood-testing) dan mengembangkan berbagai macam tes untuk segala kondisi kesehatan. Tes darah yang dilakukan Theranos meggunakan teknologi yang berbeda dari tes darah tradisional.

Yang bikin menarik nih, Business Insider mencatat, Theranos pernah bersumpah kalau tes yang dilakukan jauh lebih murah, cepat, dan sangat akurat dibanding tes darah tradisional.

Alhasil, teknologi tes darah yang dimiliki Theranos ini berhasil menarik perhatian publik. Valuasi terkahir Theranos pun tercatat mencapai US$9 miliar di tahun 2015.

 

Siapa Sosok Elizabeth Holmes Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Siapa Sosok Elizabeth Holmes Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wikimedia

 

Elizabeth Holmes Didaulat sebagai The Next Steve Jobs dan Miliarder Termuda

Dilansir dari The Economist, eksistensi Elizabeth Holmes di industri teknologi kesehatan membuatnya sempat disebut-sebut sebagai “The Next Steve Jobs” lho! Kisah Holmes yang berhasil mendirikan usaha di usia 19 tahun juga dinilai sebagai sebuah keangkuhan dari Silicon Valley.

Elizabeth Holmes membawa pesona dan karisma ke dunia korporat. Kesuksesan dan pesonanya membuat ia sering menghiasi sampul majalah sebagai sosok yang menginspirasi.

Dari data Forbes, Elizabeth Holmes pun sempat menjadi pengusaha muda terkaya di Amerika dengan total kekayaan mencapai US$4,5 miliar di tahun 2015! Valuasi US$5 miliar yang diraih Theranos pun terjadi seiring dengan promosi tanpa henti yang dilakukan Elizabeth Holmes. 

Sayangnya, menurut The Economist, investor justru saat itu mengabaikan kinerja keuangannya yang cacat dan kualitas perangkat yang dikembangkannya. Sebaliknya, investor malah tertarik oleh tujuan idealis perusahaan untuk membuat pengujian menjadi murah, mudah, dan ada di mana-mana.

Adapun, sejumlah investor besar yang tercatat pernah mengalirkan dana ke Theranos anatara lain seperti keluarga Walton, yang merupakan pewaris bisnis kerajaan Walmart, dan mantan US Secretary Education Besty DeVos.

Sementara itu, seiring dengan kasus penipuan yang membelitnya dan Theranos, Forbes sampai merevisi perkiraan kekayaan bersih Holmes yang diterbitkan menjadi US$0 alias nihil! Bahkan, majalah Fortune juga telah menobatkan Elixabeth Holmes sebagai “World's Most Disappointing Leaders" nih, Be-emers.

Hmm.. sosok mana lagi nih yang kamu tahu pernah melakukan penipuan dan viral?

Baca Juga: 
Pelaku Investasi Bodong Semut Rangrang Lolos, Ini Kasusnya