Bagaimana Cara Membangun Kredibilitas di Lingkungan Kerja?

Credibility at Work Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Credibility at Work Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Kredibilitas merupakan hal yang penting, dan nggak hanya untuk kinerja pekerjaanmu, lho. Kredibilitas sendiri merupakan suatu kemampuan, kualitas, dan juga kekuatan yang dapat menciptakan rasa percaya yang diberikan orang lain.

Membangun kredibilitas nggak semudah yang dibayangkan, Be-emers. Namun, ada beberapa cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk membantumu menciptakan kredibilitas yang kuat di lingkungan kerjamu. Apa aja ya? Yuk, kita bahas bersama!
 

Mengakui Ketidaktahuan

Mengakui apa yang tidak kamu ketahui adalah prinsip sederhana, mudah diingat, mudah dicapai. Mungkin ada beberapa orang yang memiliki ego besar dan berat untuk melakukan hal ini.

Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba ya, Be-emers! Jangan biarkan dirimu malah terjebak dalam skenario-skenario buatan yang berisiko untuk diketahui orang lain dan malah menurunkan nilai yang kamu punya.

Tidak ada yang membuat orang percaya tentang apa yang kamu tau seperti mengakui apa yang tidak kamu ketahui. Mengakui garis tajam antara apa yang kamu ketahui dan apa yang tidak, akan meningkatkan kredibilitas dirimu di mata orang lain.
 

Memiliki Kompetensi dan Karakter Unggul

Kolega di tempat kerja biasanya akan mempercayaimu jika kamu memiliki keterampilan dan experience yang memadai, yang mana hal tersebut menjadikan kompetensi yang kamu punya jadi lebih unggul. Kamu juga harus pandai membangun suasana yang baik dengan tim agar lingkungan kerja menjadi nyaman dan harmonis.


Selain itu, kita juga harus menunjukkan karakter positif yang menginspirasi. Jangan sampai diri kita dikenal sebagai orang yang bad-vibes. Tentu akan lebih baik dan bermanfaat jika kita menebarkan semangat positif dan juga good-vibes.
 

Loyal

Ketika orang tahu kamu suka berbagi masalah pribadi dan rahasia tentang orang lain dengan mereka, mereka pasti akan takut bahwa kamu mungkin melakukan hal yang sama kepada mereka. Melanggar kepercayaan orang lain akan berbicara banyak tentang karaktermu.

Mereka yang mengamati kemampuanmu dalam menepati janji akan mulai mempercayaimu dengan perasaan mereka yang sebenarnya dan apa adanya. Jadi, saat bertemu denganmu dan saat kamu meminta masukan semua tim tentang suatu situasi atau ide, kemungkinan besar mereka akan merasa aman untuk memberikan tanggapan yang jujur.

Percakapan jujur ??antara rekan kerja terpercaya bisa menjadi hal yang sangat berharga. Loyalitas juga mengarah ke tiga hal, yaitu ke bawah, ke atas, ke samping. Maksudnya adalah kita tidak boleh hanya menuntut loyalitas dari bawahan. Sebagai individu yang kredibel, kita juga harus loyal terhadap bawahan maupun seluruh team member atau rekan kerja, sama halnya dengan loyal terhadap perusahaan.
 

Mendengar dengan Lebih Baik

Mendengarkan dengan cermat menjadi penting, terutama ketika masalah yang tidak diinginkan muncul. Bahkan, ketika ternyata kamu tidak dapat memperbaiki masalah, kolega ingin bahwa kamu setidaknya telah mendengarkan mereka. 

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan kemampuan menyimak dan menyimpulkan secara akurat apa yang dibahas, ekspresi empatimu, dan kesesuaian langkah yang kamu ambil sebagai solusi. Pada akhirnya, semua ini kembali kepada kemampuanmu dalam berkomunikasi.

Nah, baik bekerja dari jarak jauh atau ke kantor setiap hari, keterampilan komunikasimu akan menarik perhatian, bisa secara positif maupun negatif, yang nantinya akan mempengaruhi kredibilitasmu.

Gimana Be-emers? Yuk mulai terapkan hal-hal di atas untuk bangun kredibilitasmu!