Ketahui Beberapa Sumber Tabungan Pensiun yang Penting untuk Disiapkan!

Pensioh Phase Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Pensioh Phase Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Ditengah hiruk pikuk kesibukan serta kegiatan di masa muda ini, tak ada salahnya sesekali membayangkan betapa indahnya masa pensiun.

Terkadang ditengah keadaan yang jenuh dengan pekerjaan atau tengah mengalami burnout syndrome, membayangkan masa pensiun atau rencana liburan terbilang cukup membantu mengembalikan semangat untuk kembali beraktifitas.

Masa pensiun ialah suatu fase dimana terbilang cukup indah karena fase tersebut sangat tepat untuk beristirahat sambil menikmati serta mengapresiasi hasil pencapaian atas kesibukan diwaktu bekerja dahulu atau masa muda.

Akan tetapi, untuk mencapai predikat masa tua yang mumpuni atau agar dapat menikmati masa pensiun dengan indah tidaklah semudah itu.

Sangatlah diperlukan kemampuan untuk dapat mengoptimalisasikan finansial dengan baik ketika saat bekerja dahulu atau di waktu muda.


Jika tidak cermat, mungkin akan menjadi boomerang tersendiri karena di masa tua nanti akan sedikit kebingungan terutama perihal finansial karena fisik sudah tidak mumpuni untuk dapat kembali bekerja.

Nah, oleh karena itu Be-emers harus cermat nih dalam mengalokasikan finansial serta mengetahui sumber tabungan pensiun yang harus diperhatikan!
 

Berikut Sumber – Sumber Tabungan Pensiun

 
  • Tabungan Investasi

    Mungkin banyak dari Be-emers yang terbilang memiliki antusias terhadap investasi di masa muda. Investasi tersebut baik berupa investasi emas, reksa dana, saham, deposito, properti, hingga saham.

    Pasti buah manis dari investasi itu sendiri memang tak perlu diragukan, bahkan terkadang hasil dari investasi tersebut lebih besar dari pendapatan utama. Seringkali Be-emers mungkin mengalokasikan kebeberapa pos seperti untuk kesehatan, rumah tangga, hobi, dan masih banyak lagi.

    Tak ada salahnya untuk menambahkan satu pos lagi bukan? Pos tersebut untuk hari tua atau masa pensiun.

    Melansir dari Kompas, untuk mempertahankan masa pensiun seperti gaya hidup terdahulu, paling tidak dibutuhkan alokasi dana sebesar 70 persen dari gaji terakhir yang diperoleh.
     
  • Asuransi Hari Tua

    Sekarang mungkin banyak juga bank atau perusahaan asuransi yang menawarkan opsi untuk tabungan dana pensiun. Mungkin merupakan hal yang bijak untuk mengikuti asuransi hari tua tersebut kepada bank atau perusahaan asuransi yang sudah dipercaya.

    Hal ini mungkin terbilang lebih pragmatis jika dibanding dengan opsi pertama karena tabungan dana pensiun kita sudah diatur oleh bank atau perusahaan asuransi tersebut.

    Mengutip dari laman resmi Taspen, acuan dari biaya atau besaran untuk tabungan dana pensiun ditetapkan besarnya uang pertanggungan, usia, masa asuransi, masa iuran sampai akhir asuransi hingga valuasi dan skala kenaikan gaji.
     
  • Jaminan Hari Tua (JHT)

    Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Seperti diketahui, BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik milih pemerintah yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden.

    Mengikuti JHT pun merupakan salah satu langkah yang bijak karena JHT sendiri pun memiliki kredibilitas yang tak mungkin diragukan karena milik pemerintah.

    Menghimpun dari Gajimu, besaran yang harus dikeluarkan untuk JHT ini ialah sebesar 5,7 persen dari upah.