Apa Itu NAV yang Ada Dalam Reksa Dana?

Ilustrasi Gambar Reksa Dana - Bisnis Muda - Canva.com

Ilustrasi Gambar Reksa Dana - Bisnis Muda - Canva.com


Ngobrolin soal reksa dana nih, Be-emers. Dalam reksa dana, itu ada yang namanya NAV.

Dalam UU Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 Pasal 1ayat 27 dituliskan bahwa pengertian reksa dana yaitu adalah waktu yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal dan untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Dalam melakukan investas reksa dana, sebelumya kita perlu memahami atau mengenal dasarnya terlebih dahulu. Nah, kamu juga perlu tahu istilah-istilah penting dalam reksa dana nih.

Salah satunya, yakni NAV, Be-emers. NAV atau Net Asset Value sama dengan Nilai Aset Bersih (NAB), yang notabene sering kali jadi tolok ukur dalam investasi reksa dana.
 

Apa Itu NAV Reksa Dana?

Pada dasarnnya, dikutip dari laman blog Bibit, NAV dalam reksa dana adalah nilai atau harga dari sebuah produk reksa dana yang sedan melakukan perjualbelikan. NAV ini biasanya ditulis dalam satuan per unit pernyertaan reksa dana.

NAV adalah nilai pasar reksa dana pada saat ini. Dikutip dari faq.bibit.id, komponen pada Net Asset Value (NAV) bisa diterdiri dari nilai surat berharga yang ada dalam reksa dana, ditambah dividen, dan atau kupon yang didapat, dikurangi biaya operasional reksa dana.


Dengan kata lain, NAV juga disebut sebagai harga bersih reksa dana saat ini, yang dihitung ulang setiap hari. Makanya, keuntungan dari reksa dana bisa didapat dari kenaikan NAV.

Di satu sisi, NAV juga merupakan petunjuk total seluruh kekayaan suatu reksa dana yang dapat dikelolah oleh manajer investasi.

Misalnya saham, obligasi, surat berharga pasar uang, serta deposit yang ada di dalam reksa dana tersebut, yang ditambahkan dividen atau kupon obligasi yang sudah didapat, lalu kemudian dikurangi biaya operasional reksa dana nya seperti biaya Manager Investasi.
 

Fungsi NAV pada Reksa Dana

Mengutip dari lifepal.co.id, pada produk reksa dana yang akan dijual dalam satuan unit ini dapat dihitung dengan membagi total keuangan yang sudah diinvestasikan ke dalam nilai NAV saat melakukan pembelian.

NAV/UP berfungsi sebagai tolok ukur atau acuan pada perhitungan harga dari reksa dana tersebut. Sebab, apabila kita mau melakukan transaksi reksa dana, dalam melakukan transaksi baik itu beli maupun jual, kita perlu mengetahui seberapa Nilai Aktiva Bersih yang ada di dalam reksa dana itu terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan jumlah unit yang akan diperoleh atau perkiraan keuntungan yang akan didapat ketika menjual reksa dana dan uangnya yang bakal kita mau cairkan.

Jumlah unit penyertaan reksa dana ini jumlahnya akan tetap sama, jika kita tidak melakukan penambahan atau pembelian reksa dana kembali. 

Adapun, secara waktu, saat melakukan investasi reksa dana, sebelum pukul 14.00 WIB manajer investasi akan mengeluarkan NAV. Sebaliknya, jika lebih, akan dikeluarkan di hari besoknya.