Ini Manfaat Slip Gaji yang Harus Diketahui!

Ilustrasi Gambar Slip Gaji - Bisnis Muda - Canva.com

Ilustrasi Gambar Slip Gaji - Bisnis Muda - Canva.com


Setiap pekerja tentunya ingin sekali bisa mendapatkan gaji dari apa yang sudah dikerjakannya. Mendapatkan gaji adalah sesuatu hal yang ditunggu-tunggu bagi setiap pekerja.

Selama bekerja, tentunya para pekerja ingin dibayar oleh pihak yang bertanggungjawab atas gaji karyawannya. Gaji untuk karyawan memang sudah menjadi haknya masing-masing.

Selain itu, setiap karyawan juga berhak mendapatkan gaji dengan tepat waktu di tanggal yang disepakati oleh karyawan dan pihak perusahaan.

Gaji adalah salah satu hasil kerja karyawan selama ia bekerja di perusahaan. Selain gajin yang diterima, slip gaji juga penting untuk diketahui dan similiki sebagai karyawan.

Slip gaji berfungsi untuk mengetahui rincian-rincian upah atau gaji yang sudah diterima oleh karyawan yang diberikan dari perusahaan tempat kita bekerja.


Ternyata slip gaji ini terbilang cukup penting untuk para pekerja, karena kita akan bisa mengetahui apa saja dan berapa saja rincian-rinciannya upah atau gaji kita selama ini.

Baca Juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Aja Ya?

 

Apa Itu Slip Gaji?

Dilihat secara umum, slip gaji adalah salah satu bentuk otentik atau bukti yang resmi pada saat penerimaan gaji dari perusahaan untuk karyawannya. Slip gaji merupakan dokumen penting yang isinya berbagai rincian-rincian yang kita dapat terima dari perusahaan dengan waktu yang disepakati bersama, (GreatDay).

Slip gaji yang berisi nominal tertentu seperti rincian gaji utama, rincian potongan pajak, rincian adanya penambahan bonus dari perusahaa, iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya, serta potongan-potongan lainnya.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015 Pasal 17 Ayat (2) membicarakan mengenai Pengupahan dinyatakan bahwa setiap perusahaan negeri atau swasta harus memberikan slip gaji (bukti upah karyawan) yang isinya memuat rincian  upah yang diterima oleh para pekerja pada saat waktunya, (akserelan.co.id).

Dengan begitu, slip gaji untuk para pekerja sangat penting karena kita akan mengetahui apa saja yang sudah kita dapatkan. Tidak hanya penting, slip gaji ternyata juga bermanfaat untuk kita dalam mengelola keuangan.

 

Manfaat Slip Gaji, Apa yah?

Mengutip dari akseleran.co.id, tujuan utama dari memberikan slip gaji untuk karyawan dari perusahaan adalah untuk memberikan bukti secara tertulis jika suatu saat terjadi persepsi yang berbeda-beda mengenai hak-hak upah pada pekerja yang sudah dibayarkan atau belum dibayarkan kepada karyawan.

Tidak hanya itu, slip gaji ternyata memiliki banyak manfaatnya yang lebih, dilansir dari kledo.com, manfaat gaji antara lain:
  • Dapat Mengajukan Kredit Elektronik
Yaitu para pekerja bisa mengajukan kredit elektronik untuk bisa membeli Televisi, Kulkas, Mesin Cuci, Ac dan lain sebagainya. Yang berfungsi ketika kita melakukan kredit bisa berjalan.
  • Pengajuan Kredit Perumahan Rakyat (KPR)
Ketika menjadi karyawan yang sudah menikah, slip gaji bisa manfaatkan untuk dapat mengkredit rumah yang kita ingin beli. Dengan adanya slip gaji, bank akan menganalisa seberapa mampu kita untuk membayar cicilan KPR ini dalam waktu satu bulan.

Selain itu, pihak bank juga akan memastikan bahwa para pekerja ini memiliki upah yang lebih besar dari cicilan setiap bulannya.
  • Pengajuan Kredit Tanpa Agunan
Kredit ini bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan kita dalam sehari-hari. Seperti ingin melakukan renovasi rumah, pendidikan, pernikahan serta kesehatan  atau kebutuhan keluarga lainnya. Dengan kita memiliki slip gaji, kita akan dapat dipermudah oleh Bank saat ingin melalukan kredit.
  • Mengajukan Kredit Kendaraan
Saat ingin membeli kendaraan  sudah pastinya ada yang melakukan kredit. Dalam pembelian kendaraan juga, harus mengisi formulir dengan syarat salah satunya mencantumkan slip gaji atau upah yang didapatkan berapa.
  • Referensi Pada Saat Melamar Kerja
Slip gaji ini biasanya masuk dalam daftar lampiran saat kita ingin melamar pekerjaan baru disalah satu perusahaan. Slip gaji akan menjadi pertimbangan juga bagi pengelola perusahaan saat menerima karyawan serta bisa melakukan negosiasi terlebih dahulu.

Nah Be-emers, semoga tulisan diatas bisa jadi referensi yah, agar be-emers memahami seberapa penting slip gaji itu.

Baca Juga: Gaji Kecil? Yuk, Jadikan Investasi Sumber Penghasilan Kedua