Akuisisi Saham Pangeran Arab, Perusahaan Investasi Bill Gate Kini Kuasai 71,3% Four Seasons Hotels

Perusahaan Bill Gates Tambah Kepemilikan Four Seasons Hotel Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva - Pinterest

Perusahaan Bill Gates Tambah Kepemilikan Four Seasons Hotel Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva - Pinterest


Ada yang sudah pernah staycation di hotel mewah kayak Four Season Hotel & Resorts? Nah, kabarnya hotel mewah itu dikuasai kepemilikaannya sama perusahaan investasi milik Bill Gates lho!

Four Seasons Hotels and Resorts merupakan hotel dan resort mewah yang mengoperasikan lebih dari 100 hotel dan resort di seluruh dunia nih, Be-emers. Sosok Isadore Sharp, pengusaha asal Kanada, merupakan pendiri dari Four Season Hotel & Resorts ini di tahun 1960.

Menariknya nih, dilansir The Globe & Mail, Four Seasons sebenarnya enggak punya properti apapun dalam menjalani bisnisnya lho! Jadi, model bisnis Four Seasons sebenarnya mengoperasikan atas nama pemilik dan pengembang real estat.

The New York Time menyebut, kontrak antara Four Seasons dan pemilik properti biasanya yakni dengan mengizinkan perusahaan untuk berpartisipasi dalam desain properti dan menjalankannya dengan kendali penuh atas setiap aspek operasi.

Kini, dari laman resmi Four Seasons, tercatat ada tiga pemilik dari Four Seasons Hotels and Resort, yakni Cascade Investment, Kingdom Holding Company, dan Triples Holding. 


Baca Juga: Isadore Sharp dan Sepenggal Cerita di Balik Four Seasons Hotel and Resorts
 

Perusahaan Bill Gates Tambah Kepemilikan di Four Seasons

Diketahui dari The New York Time, Cascade Investment -yang notabene merupakan perusahaan milik Bill Gates- dan Kingdom Holding Company milik Pangeran Arab Alwaleed bin Talal merupakan pemilik mayoritas dari Four Seasons nih, Be-emers.

Nah, kini Cascade Investment dikabarkan telah mengambil alih Four Seasons Hotels and Resorts dengan membeli sekitar setengah dari saham Pangeran Al-waleed senilai US$2,21 miliar!

Jadi, berdasarkan catatan Fox Business, Cascade akan mengakuisisi 23,8 persen saham pangeran Alwaleed. Dengan begitu, kepemilikan Cascade meningkat menjadi 71,3 persen dan memvaluasi jaringan hotel sebesar US$10 miliar secara perusahaan.

Dari keterangan Four Seasons yang dikutip Fox, dengan sisa kepemilikannya, Pangeran Alwaleed bakal terus memiliki sisa saham Four Seasons. Adapun, sebenarnya sang Pangeran Arab Saudi itu juga punya saham di banyak perusahaan lain, seperti Citigroup Inc dan bahkan Lyft Inc.!

Baca Juga: Ini 5 Hotel Termahal di Indonesia, Kamu Pernah Coba?