Gara-Gara Gosip Walmart Terima Pembayaran Crypto, Harga Litecoin Melonjak

Walmart Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Walmart Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Cryptocurrency Litecoin mengalami lonjakan harga yang mendadak pada hari Senin (13/09) karena siaran pers tentang Walmart menerimanya untuk pembayaran. Padahal isu tersebut ternyata palsu lho, Be-emers!

Berita tersebut diterbitkan melalui saluran pers yang sah, mengklaim bahwa Walmart akan menerima mata uang melalui semua toko digitalnya.

Walmart kemudian mengatakan kepada media Amerika Serikat bahwa pengumuman itu tidak autentik.

Pada saat itu, beberapa situs berita besar dan agensi pers telah menyebarkan berita yang seharusnya.

Berita palsu juga telah dihapus dan tidak muncul di situs web Walmart sendiri.


Sementara itu dilaporkan sebagai fakta, harga Litecoin melonjak dari sekitar £125 per token menjadi mendekati £170, sebelum jatuh kembali ke harga aslinya, sekitar £128.

Tidak jelas siapa yang berada di balik rumor palsu, atau bagaimana mereka berhasil mempublikasikannya.

Tapi apa yang disebut skema "pump and dump" tidak jarang terjadi di dunia cryptocurrency, di mana terdapat oknum yang berusaha meningkatkan hype di sekitar koin, menaikkan harganya, dan dengan cepat menjual saham mereka sendiri sebelum pasar mengoreksi dirinya sendiri.

Siaran pers palsu menyarankan bahwa Litecoin akan diterima di semua platform e-niaga Walmart mulai 1 Oktober.

Itu berisi kutipan yang tampaknya berasal dari kepala eksekutif Walmart dan pendiri Litecoin.

Salah satu petunjuk tentang sifatnya adalah alamat email kontak pers menunjuk ke domain web yang baru didaftarkan bulan lalu. Email ke alamat tersebut dikategorikan tidak terkirim.

Fabrikasi itu terungkap ketika CNBC menghubungi perwakilan Walmart melalui telepon dan diberitahu bahwa siaran pers itu palsu. CNBC mengatakan itu adalah salah satu organisasi berita yang mempublikasikan cerita itu sebelum mengetahui bahwa itu tidak benar.

Walmart, Yayasan Litecoin, dan Global Newswire telah dihubungi untuk memberikan komentar.

Beberapa pengamat yang skeptis karena volatilitas harga cryptocurrency dapat menjadi kendala dalam menggunakannya untuk pembelian eceran.

Perusahaan lain yang telah menerima Bitcoin telah menyusun persyaratan untuk membatasi eksposur mereka terhadap perubahan harga yang besar.

Misalnya, ketika Tesla secara singkat menerima Bitcoin sebagai opsi pembayaran untuk mobilnya, itu menjelaskan bahwa harganya dalam dolar AS, dan bahwa setiap kutipan dalam Bitcoin yang setara hanya berlaku untuk jangka waktu terbatas.

Dikatakan juga bahwa jika pengembalian dana diperlukan, Tesla akan memiliki pilihan apakah akan membayarnya kembali dalam dolar AS atau Bitcoin, yang mungkin bekerja sebagai nilai tunai yang lebih rendah daripada yang dibayarkan.

Demikian pula, PayPal baru-baru ini memperkenalkan kemampuan untuk membeli dan menjual Bitcoin, tetapi tidak dapat digunakan untuk melakukan pembelian pembayaran. Sebagai gantinya, aset cryptocurrency akan dijual dengan jumlah uang nyata yang tepat untuk melakukan pembelian.