Sunday Scaries: Fenomena Kecemasan Terhadap Hari Minggu atau Penghujung Weekend

Sunday Scaries Illustration Web Bisnis Muda - Image: Mercy Care Health Solutions

Sunday Scaries Illustration Web Bisnis Muda - Image: Mercy Care Health Solutions

Like

Hari jumat ialah hari dimana yang mungkin paling ditunggu-tunggu oleh hampir sebagian banyak orang mulai dari siswa sekolah atau mahasiswa hingga pekerja.

Indikator yang membuat hari jumat termasuk salah satu hari yang mungkin paling ditunggu ialah karena pada hari tersebut merupakan sebuah hari dari penghujung weekday dan menuju akhir pekan.

Tak heran, banyak kiasan yang menggambarkan ketidaksabaran untuk menyambut hari tersebut. Mulai dari istilah Thank God It’s Friday hingga Friday I’m In Love yang merupakan salah satu tembang populer dari band The Cure.

Namun sebaliknya, hari minggu tak seberuntung hari jumat. Ada sebuah fenomena yang dimana menggambarkan sebuah kecemasan terhadap hari minggu yang mana merupakan sebuah hari di penghujung weekend yang mungkin dikenal dengan istilah sunday scaries.

Melansir dari Whiteboardjournal, sunday scaries ialah sebuah fenomena yang dirasakan seseorang dan merujuk kepada rasa kecemasan, kekhawatiran hingga ketakutan terdahap hari minggu karena menyadari bahwa akhir pekan atau weekend akan berakhir.


Seringkali, ada beberapa istilah juga yang menggambarkan hal serupa dengan fenomena sunday scaries ini seperti sunday syndrome atau juga sunday evening scaries.

Sebenarnya faktor utama yang menyebabkan sunday scaries ini biasanya rasa ketidaksiapan akan transisi dari weekend menuju kembali ke weekday yang mana seringkali timbul rasa frustasi dan stres dengan hiruk pikuk serta kesibukan pada minggu kerja atau weekday.

Lalu adapun indikator atau faktor lain yang juga dapat menyebabkan fenomena sunday scaries ini dapat terjadi seperti work-life balance yang terganggu, kurang nyaman dengan karier yang sedang dilakukan hingga kurang memaksimalkan akhir pekan atau weekend dengan hobi atau kegiatan diluar pekerjaan.

Kendati demikian, ternyata tak sedikit yang merasakan fenomena sunday scaries ini. Lewat survey yang dilakukan oleh LinkedIn pada tahun 2018 menemukan sekurangnya 80 persen pekerja merasakan hal tersebut.

Dengan begitu fenomena ini juga terbilang harus diperhatikan karena dapat memicu hal yang serius ketika mengalami sunday scaries pada fase yang lebih serius seperti perasaan anxiety, tempramen hingga gangguan tidur.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres dan Anxiety Karena Pekerjaan

Oleh karenanya, berikut sedikit kiat agar berupaya untuk terhindar dari fenomena sunday scaries yang dirangkum oleh Glints:
 

Menyelesaikan Pekerjaan Pada Hari Jumat

Mengutip dari Psychology Today, salah satu tindakan ini mungkin dapat mengurangi sunday scaries karena akar mula dari sunday scaries adalah ketakutan akan bayang – bayang pekerjaan ataupun tugas.

Dengan menyelesaikan pekerjaan dan tugas pada hari jumat, besar harapan nantinya ketika memulai pekan kerja setidaknya tidak terjadi penumpukan pada pekerjaan dan tugas.
 

Menciptakan Work-Life Balance

Tak dapat dipungkiri, mungkin keseimbangan merupakan suatu hal yang penting bagi setiap aspeknya. Begitu juga dengan mengatasi sunday scaries ini, ketika pekan kerja telah usai mungkin segerakan untuk melakukan hal yang bersifat rekreasi atau relaksasi secara maksimal.

Dengan tujuan, memaksimalkan akhir pekan atau weekend lewat hobi ataupun kegiatan diluar pekerjaan dirasa sangat membantu mengurangi sunday scaries.
 

Tidur Cukup

Beristirahat ataupun tidur merupakan salah satu indikator yang teramat sangat penting dan seringkali diabaikan. Padahal lewat surve yang dilakukan oleh Science Direct membuktikan bahwa kurang tidur seringkali bisa meningkatkan rasa kecemasan seseorang.

Baca Juga: Amunisi Weekend Kamu, Ini Rekomendasi Buku dari Bill Gates dan Warren Buffett