Cara Menaikkan Bobot Ikan Lele dengan Biaya Murah

Cara menaikkan bobot ikan lele (Sumber gambar: daunijo.com)

Cara menaikkan bobot ikan lele (Sumber gambar: daunijo.com)

Like

Usaha budidaya ikan lele saat ini menjadi incaran bagi pembudidaya ikan. Salah satu target yang dicapai adalah bobot ikan yang naik drastis saat panen.

Cara ini mungkin terlihat biasa-biasa saja dan tidak mungkin. Tetapi, berusaha untuk mencobanya tidak salah.

Harga jual ikan lele saat ini cukup mahal, dipasar kisaran harga ikan lele berkisar dari harga Rp. 15.000 - Rp 20.000. Selain harga yang cukup tinggi, permintaan ikan lele bagi rumah makan sangatlah tinggi.

Sehingga, perlu dilakukannya peningkatan pembudidaya ikan lele agar permintaan konsumen yang terus terpenuhi. 

Menjadi pengusaha ikan lele tentu hal pertama yang diperhatikan adalah segi pakan, baik kualitas maupun kuantitas supaya ikan yang dihasilkan dapat tumbuh dengan sehat dan besar. Untuk memperoleh bobot yang besar pada ikan, tentu akan menghabiskan biaya pakan yang relatif mahal.


Ikan lele pada dasarnya tergolong ikan yang rakus alias ikan yang menghabiskan pakan pelet banyak daripada ikan jenis lainnya. Satu minggu saja, ikan lele bisa menghabiskan 2-3 karung pelet.

Baca Juga: Memanfatkan Lahan Sempit untuk Menghasilkan Uang

Maka dari itu, alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi biaya pakan yang relatif mahal namun bobot ikan tetap naik yaitu dengan cara sebagai berikut. 

Sayuran bekas atau sayuran yang tidak ter manfaatkan sangat banyak sekali di bak pembuangan sampah. Banyak orang-orang pengusaha sayuran membuang sayur mereka yang terlihat tidak layak untuk dijual.

Nah, dengan situasi dan kondisi seperti ini, kita bisa memanfaatkan sayuran yang sudah tidak terpakai sebagai alternatif pakan ikan lele. Sayur sawi adalah sayur hijau yang kaya antioksidan. Kandungan serat nya juga tinggi. Sayur sawi dapat digunakan sebagai pakan ikan lele.

Bagaimana cara mengolahnya? 

Cukup mudah, sayur ini bisa langsung dipotong-potong sesuai dengan bukaan mulut ikan. Setelah itu langsung di sebar dikolam pemeliharaan. Maka dengan lahap ikan lele ini akan memakan sayur-sayuran ini. Kapan waktu yang tepat untuk memberikan nya? 

Biasanya ikan lele akan mengonsumsi makan dalam jumlah yang banyak pada malam hari. Sebab, ikan ini tergolong ikan nokturnal atau aktif mencari makan dimalam hari.

Sehingga, akan lebih efisien jika pemberian pakan berupa sayur ini diberikan pada waktu malam hari. Sebab, pada waktu siang hari ikan lele ini beristirahat untuk proses metabolisme yang nantinya akan digunakan sebagai energi untuk mencari makan. 

Pemberian pakan berupa sayur ini juga jangan terlalu sering, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Ikan lele tetap memakan pelet namun dapat diganti 2-3 kali seminggu dengan sayur.

Sehingga, dengan cara seperti ini dapat mengurangi biaya pakan pelet namun ikan masih tetap dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Budikdamber! Cara Budidaya Ikan Lele Dalam Ember