Penyebaran Tanaman Eceng Gondok Anti Pencemaran Air

Tanaman eceng gondok (Sumber gambar: bobo.grid.id)

Tanaman eceng gondok (Sumber gambar: bobo.grid.id)

Like

Sudah tidak asing lagi di telinga kita mengenai satu tanaman ini. Eceng gondok, merupakan tanaman yang hidup bebas dialam liar. Biasanya, tanaman ini dapat hidup di perairan, yang juga sebagai tempat hidup ikan-ikan. 

Terkadang, tanaman ini juga digunakan untuk obat-obatan. Bahkan, bisa sebagai umpan pakan ikan lele dumbo.

Pada dasarnya, ikan lele dumbo adalah ikan yang tergolong karnivora dan cenderung omnivora, dimana ia merupakan jenis ikan pemakan segalanya. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, tentu menjaga kualitas air adalah salah satu upaya yang harus dilakukan.

Baca Juga: Praktik Baru! Tanaman Kawin Silang Solusi Krisis Pangan

Bagaimana caranya? 


Membudidayakan tanaman eceng gondok dapat dikategorikan susah-susah mudah. Mengapa demikian? Tanaman ini jika terlalu berada pada air yang kotor atau keruh, maka tanaman ini akan terjadi kerusakan pada bagian batang dan daunnya. 

Cara penyebaran tanaman eceng gondok dapat dilakukan dengan penyebaran biji atau dengan melalui tunas yang masih muda. 

Penyebaran pada biji cukup mudah dan simpel, hanya dengan menyebarkan biji tanaman pada air maka sudah dapat tumbuh. Sedangkan penyebaran melalui tunas, yaitu dengan cara memotong bagian tunas muda atau nemotong anakan dari bagian tanaman ini.

Usahakan pemotongan tunas ini dilakukan dengan mengikutkan bagian akarnya, sehingga tunas muda yang dipotong dapat langsung tumbuh menjadi tunas baru. 

Setelah pemotongan tunas usai dilakukan, selanjutnya sebar tanaman baik indukan maupun anakan tanaman ke dalam air. Maka, keesokannya anakan tanaman akan beradaptasi untuk tumbuh berkembang. 

Jika ingin membudidayakan tanaman ini menjadi lebih banyak, maka perlu dilakukan upaya yang teliti dan rutin dalam pengecekan kondisi tanaman. Buang bagian tanaman seperti daun, ataupun batang jika terjadi kerusakan seperti busuk, atau dimakan ulat.

Maka harus segera dibuang, agar tidak menular pada bagian tanaman lainnya yang tidak terkena bakteri ataupun parasit tanaman.

Membudidayakan tanaman eceng gondok ini selain menjadi kan sebagai obat-obatan dan sebagai pakan ikan, maka dapat juga menghindari pencemaran air, sehingga kualitas air untuk ikan budidaya pun terjaga.

Tanaman ini juga biasanya sering di jadikan sebagai tanaman hias untuk rumah-rumah. Bisa digunakan sebagai tanaman air diteras atau yang lainnya, karena pada dasarnya tanaman eceng gondok ini memiliki bunga yang cantik ketika sudah mekar.

Baca Juga: Hal Ini Bisa Jadi Peluang Usaha Buat Si Penyuka Tanaman