NFT Freddie Mercury Dijual untuk Dana Amal AIDS

Freddie Mercury Illustration Web Bisnis Muda - Alph Coders

Freddie Mercury Illustration Web Bisnis Muda - Alph Coders

Like

Empat karya seni non-fungible token atau NFT yang terinspirasi oleh mendiang vokalis Queen, Freddie Mercury, dilelang untuk acara amal dalam memperingati hari ulang tahunnya yang ke-75.

Tiga NFT bergambar sang penyanyi legendaris, dan satu lainnya bergambar sebuah grand piano berwarna putih dengan mahkota di bangkunya, yang dikelilingi oleh kolam ikan.

Karya NFT yang dibuat oleh seniman Blake Kathryn, Chad Knight, Mat Maitland, dan MBSJQ akan dijual dalam lelang berjangka waktu di pasar seni digital SuperRare selama 75 jam mulai 20 September.

Didirikan pada tahun 2018, SuperRare adalah pasar untuk seni digital edisi tunggal. Menurut website perusahaan, setiap karya seni dibuat secara otentik oleh seorang seniman, dan diberi token sebagai barang digital koleksi kripto yang dapat dimiliki dan diperdagangkan.

Transaksi NFT yang dilakukan akan melalui cryptocurrency ethereum.
Hasil dari penggalangan dana akan disumbangkan ke The Mercury Phoenix Trust, yang merupakan badan amal AIDS yang didirikan oleh anggota Queen, yaitu Brian May dan Roger Taylor bersama sang manajer, Jim Beach.


Badan amal tersebut dibangun untuk mengenang penyanyi yang cukup berpengaruh di dunia musik tersebut. Selama 30 tahun, badan tersebut telah berhasil menyumbangkan lebih dari $17 juta atau setara Rp 242,2 miliar dengan dan mendanai banyak hal di dunia.

Pasar untuk NFT, yang merupakan set crypto berupa catatan kepemilikan barang digital berbasis blockchain, telah meningkat cukup drastis, walaupun masih ada beberapa pihak yang melayangkan opini kontra.

Baca Juga: Justin Sun, CEO TRON yang Beli NFT Seharga Rp 8,7 Miliar!

Karya seni yang terinspirasi Freddie Mercury menambah tren yang melibatkan musik dan cryptocurrency. Awal tahun ini, penyanyi Grimes dilaporkan menjual 5,8 juta dolar dari karya seni digitalnya sebagai NFT. 

Artis legendaris Roger Dean, yang terkenal karena mendesain sampul album Yes untuk sebagian besar karir band, baru-baru ini memasuki dunia NFT dengan tiga karya seni digital sebagai bagian dari seri Allurium-nya. 

Rekaman terbaru Kings of Leon When You See Yourself dirilis sebagai NFT yang seharga $50 termasuk token, album vinyl, dan unduhan.

Freddie Mercury yang sebelumnya mempelajari seni dan desain grafis berusia 75 tahun pada 5 September lalu. Semasa hidupnya, ia merupakan penyanyi terkenal dan memiliki fans yang sangat banyak.

Ia meninggal karena pneumonia terkait AIDS yang dideritanya pada 24 November 1991 di usia 45 tahun.

Baca Juga: Heboh, Terjual Clipart Batu EtheRock dari Kegilaan Pasar NFT Seharga Rp4,3 Miliar!