Rilis R1T Baru, Rivian Jadi Produsen Pertama yang Pasarkan Pickup Listrik

Pickup Listrik Rivian Illustration Web Bisnis Muda - Image: Rivian

Pickup Listrik Rivian Illustration Web Bisnis Muda - Image: Rivian

Like

Era kendaraan listrik sudah semakin terlihat jelas nih, Be-emers. Kini, brand Rivian pun merilis pickup dengan tenaga listrik pertama di dunia lho!

Buat kamu yang belum tahu, Rivian merupakan pembuat mobil kendaraan listrik dan perusahaan teknologi otomotif asal Amerika. Perusahaan yang eksis sejak 2009 itu sebenarnya memang sudah fokus ke kendaraan listrik otonom pada 2011.

Dilansir Florida Trend, sebelum beralih ke truk dan SUV, mobil kendaraan pertama mereka justru dimaksudkan untuk menjadi mobil sport. Misalnya saja R1, yang awalnya bernama Avera dan diproduksi di akhir 2013, adalah coupé hybrid bermesin tengah dengan 2+2 tempat duduk untuk pasar AS.

Hingga pada November 2018, Rivian merilis truk dan SUV, yang masing-masing diberi nama R1T dan R1S.

 

R1T Pickup Listrik Rivian Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

R1T Pickup Listrik Rivian Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva




Kini, di bulan September 2021, Rivian resmi merilis pickup bertenaga listrik nih, Be-emers. Pickup R1T itu, saat peluncurannya, dibanderol dengan harga US$73 ribu.

Lewat akun Twitter resminya, CEO Rivian RJ Scaringe mengungkapkan kalau ia dan Rivian sudah enggak sabar untuk menyerahkan pickup elektrik tersebut ke tangan pelanggan.

Dilansir Fox Business, Rivian saat ini mengikuti model penjualan langsung dan belum mengoperasikan toko fisik sama sekali. Meski begitu, pihak Rivian berharap, para pelanggan sudah mulai menerima kendaraan mereka sebelum akhir September.

Dengan begitu, Rivian bakal jadi produsen mobil pertama yang memasarkan pickup listrik yang diproduksi secara massal nih, Be-emers. 

Adapun, SUV yang sama dan diberi naman R1S juga rencanannya bakal dirilis pada musim gugur ini. SUV tersebut, dilaporkan Fox, juga sudah punya pesanan untuk setidaknya 100.000 van pengiriman listrik dari Amazon.

Baca Juga: Bukan Kendaraan Listrik, Bos VW Beberkan Alasan Pilih Mobil Autonomous
 

Pendanaan dan IPO Rivian

Dilansir dari ADAPTBN, pada Mei 2018, Rivian berhasil mengumpulkan dana lebih dari US$450 juta. Diketahui, saat itu investor yang masuk dalam putaran pendanaan antara lain Abdul Latif Jameel dan Standard Chatered Bank.

Rivian diketahui banyak menerima pendanaan besar lho. Bahkan, selama 2019, Rivian telah meningkatkan modal sebesar US$2,85 miliar melalui empat investasi besar.

Misalnya pada Februari 2019, Amazon memimpin putaran investasi US$700 juta. Selain itu, pada April 2019, Ford Motor Company juga diketahui menginvestasikan US$500 juta ke Rivian nih, Be-emers.

Enggak cukup sampai di situ, untuk semakin mengembangkan usahanya, Rivian telah mengajukan penawaran umum perdana pada Agustus 2021 lalu lho. Vox Media menyebutkan, Rivian mencari valuasi setinggi US$80 miliar.

Adapun, dengan dirilisnya pickup listrik pertama di dunia, hal itu menjadikan Rivian berhasil mengungguli pesaingnya di industri kendaraan listrik seperti Tesla, GM, dan Ford.

Akankah Rivian bakal makin berkembang setelah IPO?