Mau Mulai Investasi? Coba Investasi di Reksa dana! Pilihan Aman Bagi Pemula

Investasi di Reksadana (Sumber gambar: gajigesa.com)

Investasi di Reksadana (Sumber gambar: gajigesa.com)

Like

Bekerja demi menerima gaji pasti setiap bulan kini jadi hal utama. Lalu, pernahkan kamu berpikir tentang bagaimana kamu menjalani hidup setelah kamu pensiun?

Yakinkah uang pensiun kamu cukup untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari? Apakah kamu akan bergantung pada anak-anakmu nanti?

Jika kamu masih masih belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan terebut, berarti kini sudah waktunya mulai mencoba investasi reksa dana.

Apa Itu reksa dana?

Reksa dana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari investor yang memiliki seidkit waktu juga pengetahuan investasi yang kurang, sehingga reksadana sangat cocok untuk investor pemula.


Dana yang dikumpulkan dari investor akan diinvestasi oleh seorang manajer investasi ke beberapa instrumen investasi lainnya seperti saham, deposito, dan obligasi.

Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana?
Sebelum memulai investasi ada beberapa hal yang harus dilakukan:

Kenali dulu profil risiko kamu, yaitu kemampuan juga kerelaan seorang investor dengan kemungkinan dari kehilangan sebagian maupun seluruh pokok investasi agar mendapat potensi imbal hasil yang lebih besar.

Tentunya masih dengan konsep untung tinggi risiko tinggi, tentukan mau menjadi investor agresif yang berani ambil resiko atau investor konservatif yang suka main aman saja.

Tentukan jangka waktu investasi kamu, pilih jangka pendek atau jangka panjang.

Perjelas tujuan investasi kamu, tujuan dapat menjadi patokan untuk menentukan reksadana yang pas untukmu.

Lakukan riset tentang informasi bagaimana uang kamu diinvestasikan, baca setiap keterangan tertulis secara terperinci dari prospektus reksadana. Baca detail siapa yang nantinya akan menjadi manajer investasi kamu yang akan bertugas mengelola danamu, periksa juga rincian lainnya. Dalami informasi investasi yang kamu jalani dalam Fund Fact Shet Product Card yang disediakan.

Terakhir wajib pilah-pilih tempat dimana kamu akan membeli reksadana, karena kredibilitas dari tempat inilah yang menentukan kelancaran investasi kamu di masa yang akan datang.

Salah pilih dapat menjerumuskan kamu ke dalam lubang penipuan, marak lokasi-lokasi fiktif berkedok reksadana yang hanya mengumpulkan dana pelanggan tanpa memutarnya kedalam bentuk investasi sesuai perjanjian awal.

Yuk, berinvestasi mulai dari sekarang di Reksadana dengan mudah!