Kiat Sukses Menghindar dari Jeratan Manis Investasi Bodong

Investasi (Sumber gambar: sahamu.com)

Investasi (Sumber gambar: sahamu.com)

Like

Bagaimana cara menghindari investasi bodong? Berikut kiat sukses untuk menghindar dari jeratan manisnya investasi bodong:
 

Tips Menghindari Investasi Bodong


1. Riset Informasi Lengkap Perusahaan

Kiat pertama adalah melakukan riset terhadap perusahaan yang membuat kamu tertarik berinvestasi, Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui:
  • Kelengkapan Perizinan dari Perusahaan tersebut, lembaga apa saja yang menjamin keamanan dari uang investasi anda.
  • Kelengkapan Riwayat atau Rekam Jejak dari Perusahaan tersebut, apakah nama perusahaan pernah terkait dengan penipuan atau mungkin testimoni dari orang-orang yang pernah menanamkan uangnya di perusahaan tersebut.
  • Kelengkapan Perangkat dari Perusahaan tersebut, mulai dari siapa yang memiliki, sejarah berdirinya, track record keberhasilan perusahaan dalam beberapa bulan terakhir, siapa saja yang bertanggung jawab atas perusahaan tersebut.
  • Cara perusahaan mengelola roda keuangan perusahaannya sendiri.
  • Cara perusahaan menjalankan uang investasi dari investor.
 

2. Baca Detail Ketentuan Investasi

Kiat kedua yaitu setiap investasi pasti memiliki ketentuan masing-masing, mulai dari berapa minimal setoran sampai berapa banyak keuntungan yang didapat dalam suatu jangka waktu tertentu.

Hal ini membuat calon investor wajib hukumnya untuk membaca secara teliti ketentuan investasi, jangan lupa pahami apa saja keuntungannya sampai seberapa besar risiko kerugian yang akan di didapat.
 

3. Susun Rencana Investasi

Kiat selanjutnya adalah mengatur rencana investasi sebelum melangkah untuk memulai investasi, pelajari segala hal tentang investasi sampai benar-benar paham secara teori.

Selanjutnya tentukan tujuan dari investasi yang akan kamu lakukan, misal untuk tabungan sekolah anak(investasi jangka pendek), tabungan menikah tahun depan(investasi jangka menengah), dan tabungan hari tua(investasi jangka panjang).
 

4. Hindari FOMO (Fear of Missing Out)

Kiat yang terakhir kamu wajib untuk menghindari yang namanya FOMO alias Fear of Missing Out atau terbawa arus kata orang, banyak strategi perusahaan yang menyebarkan iklan juga paham agar orang lain tertarik sampai begitu percaya kepada perusahaan tersebut. Sama halnya dengan investasi, tak jarang mencatut nama-nama terkenal yang dikatakan juga pernah berinvestasi di perusahaan tersebut dan bisa sukses seperti sekarang.


Yuk, mulai berinvestasi dari sekarang!