Tutup Usia, Ini Sosok Miliarder dan Filantropis Walter Scott

Sosok Miliarder dan Filantropis Walter Scott Illustration Web Bisnis Muda - Image: University of Nebraska

Sosok Miliarder dan Filantropis Walter Scott Illustration Web Bisnis Muda - Image: University of Nebraska

Like

Salah satu miliarder dunia, Walter Scott, dikabarkan telah tutup usia pada Sabtu (25/9) lalu. Lalu, seperti apa sosok Walter Scott, yang juga dikenal sebagai sahabat dari Warren Buffett itu?

Walter Scott tutup usia tepat saat ia menginjak angka 90 tahun. Dilansir dari Forbes, Scott memulai karirnya di sebuah perusahaan konstruksi milik Peter Kiewit, yakni Kiewit Corp. Cukup berprestasi, Scott pun naik menjadi CEO di tahun 1979.

Di bawah kepemimpinannya, ia mendorong Kiewit untuk berbisnis di sektor telekomunikasi, fiber optic, hingga pembangkit listrik sebelum ia pensiun dari perusahaan tersebut pada tahun 1998.

Baca Juga: Dinilai Unik, Yuk Intip Hidup Hemat ala Warren Buffett
 

Membangun Kekayaan dan Menjadi Partner Bisnis Warren Buffett

Dua tahun usai ia pensiun dari Kiewit, Walter Scott kemudian membuat kesepakatan dengan Warren Buffett untuk membeli utilitas MidAmerican Energy, yang menjadi cikal bakal dari Berkshire Hathaway Energy. Forbes mencatat, kesepakatan itu mencapai US$2 miliar.

Dilansir NPR, Scott memegang sekitar 8 persen saham Berkshire Hathaway Energy dan 105 saham Kelas A Berkshire, dengan Buffett memegang hampir semua sisanya.


Warren Buffett bukanlah orang asing bagi Walter Scott. Buffett dan Scott merupakan teman sekelas sejak di bangku sekolah lho!

Dikutip dari omaha.com, Buffett mengatakan bahwa sahabatnya itu enggak bisa tergantikan. Bagi Warren Buffett, sosok Walter Scott pada dasarnya adalah seorang pembangun, baik saat ia sedang membangun Kiewit atau membangun visinya tentang Omaha atau Nebraska.
 

Sosok Miliarder dan Filantropis Walter Scott Illustration Web Bisnis Muda - Image:

Sosok Miliarder dan Filantropis Walter Scott Illustration Web Bisnis Muda - Image: University of Nebraska

 

Filantropis dan Proyek Membangun Nebraska

Walter Scott lahir dan besar di Omaha. meski sudah sukses dan menjadi miliarder, pria kelahiran 1931 itu enggak melupakan tempat kelahirannya itu lho.

Forbes mencatat, Walter Scott menuangkan jutaan dolar ke dalam proyek-proyek di kota kelahirannya itu. Mulai dari Nebraska Medical Center, hingga Kebun Binatang dan Akuarium Henry Doorly.

Baca Juga: Filantropis MacKenzie Scott Donasikan US$2,7 Miliar kepada 256 Organisasi

Bahkan, Scott dan mendiang istrinya Suzanne memberikan sejumlah besar uang kepada University of Nebraska di Omaha. Enggak hanya itu, pria yang mengakumulasi kekayaannya untuk menjadi filantropis ini juga menyumban dana untuk University of Nebraska Medical Center dan Colorado State University.

Enggak hanya itu, NPR mencatat, salah satu bangunan utama di Pusat Kanker Fred dan Pamela Buffett UNMC yang baru disebut Menara Penelitian Kanker Suzanne dan Walter Scott karena sumbangan mereka.

Adapun, berdasarkan data Forbes, total kekayaan bersih Walter Scott diestimasi mencapai US$4,2 miliar.

Nah, siapa sosok miliarder sekaligus filantropis yang kamu idolakan nih, Be-emers?


Kalau kamu punya cerita menarik seputar investasi, bisnis, lifestyle, dan lain-lain, tulis aja yuk di Bisnis Muda! Semakin banyak kamu menulis, kamu bakal dapat hadiah menarik lho!