Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online

Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Keberadaan pinjaman online atau pinjol kini makin marak di kalangan masyarakat, karena hal tersebut merupakan pilihan mudah untuk mendapatkan dana cepat, khususnya saat pandemi ini.

Karena kemudahannya, tak jarang banyak orang malah terlilit utang yang tak berujung karena menjadi ketergantungan dengan pinjaman online.

Untuk itu, sebagai masyarakat yang bijak, kita harus berhati-hati dalam menggunakan jasa pinjaman online agar kondisi finansial tetap terjaga dengan baik.

Nah Be-emers, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tetap bijak menggunakan pinjol, yaitu:
 

Dana untuk Kebutuhan Mendesak

Karena kemudahan sistem pengajuannya, pinjaman online atau pinjol memang sangat membantu kita ketika mengalami kekurangan dana di kondisi mendesak.

Sebelum meminjam uang, pastikan bahwa tujuanmu jelas ya, Be-emers. Jangan sampai kamu melakukan pinjaman online hanya untuk kebutuhan yang tidak bersifat penting.

 

OJK Approved!

Dalam menggunakan layanan pinjaman online, jangan sampai kamu sembarangan memilih perusahaan. Memang kini banyak sekali lembaga atau perusahaan yang menawarkan pinjaman online, namun kamu harus tetap hati-hati agar terhindar dari penipuan pinjol ilegal.

Pilihlah lembaga atau perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kini, sudah ada lebih dari 150 perusahaan yang terverifikasi dan mengantongi izin dari OJK, sehingga transaksi pinjaman online-mu bisa dilakukan dengan aman.
 

Perhatikan Bunga, Tenor, dan Biaya Tambahan

Salah satu tips bijak lainnya adalah membandingkan bunga, tenor, dan biaya tambahan yang ditawarkan oleh setiap perusahaan penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Dengan melakukan perbandingan, kamu akan menemukan perusahaan mana yang paling cocok dengan apa yang kamu butuhkan.

Selain itu, jangan memilih tenor yang terlalu lama ya, Be-emers. Biasanya, pinjaman online memberlakukan sistem bunga harian. Sehingga, makin singkat tenornya, maka bunganya pun tidak terlalu berat dan membebankan.
 

Kalender Tagihan

Agar kamu tertib dalam membayar cicilan utang yang kamu pinjam dari lembaga pinjol, kamu bisa membuat kalender pembayaran tagihan untuk mengetahui tagihan apa saja yang perlu segera dibayarkan.

Hal tersebut juga bisa menghindari kamu dari keterlambatan membayar tagihan dan biaya keterlambatan yang juga menguras dompetmu.
 

Jangan ‘Gali Lobang, Tutup Lobang’

Jangan tumpuk utangmu ya, Be-emers! Ketika kamu masih mempunyai utang di salah satu perusahaan pinjol, disarankan jangan tambah utangmu lagi sebelum melunasi yang sebelumnya.

Ini dilakukan agar kamu terhindar dari lilitan utang tak berujung yang akan terus menjadi beban dan menghantui kehidupanmu. Jadi, hindari menambah utang, ya!

Hal-hal itulah yang tetap harus diperhatikan ketika ingin meminjam uang melalui layanan pinjaman online agar kondisi keuanganmu tetap sehat ya, Be-emers!

Baca Juga: Deretan Kasus Pinjaman Online Ilegal di Indonesia