UMKM Indonesia Beralih Cara Pejualan Melalui Facebook dan Instagram

Ilustrasi Gambar Belanja Online Para UMKM - Bisnis Muda - Imag: Canva.com

Ilustrasi Gambar Belanja Online Para UMKM - Bisnis Muda - Imag: Canva.com

Like

Pandemi Covid-19 memang membawa perubahan yang cukup siginifikan. Mulai dari pedagang, toko, kantor, sekolah, tempat makan, serta UMKM merasakan dampaknya sampai saat ini.

UMKM yang harus selalu memutar strategi untuk bisa mempertahankan usahanya, sudah pasti mengalami kesulitan yang tidak biasa. Beralih ke bisnis online menjadi solusi bagi pelaku UMKM untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Tidak sedikit usaha UMKM di Indonesia ini yang terdampak pandemi. Bahkan, banyak masyarakat yang berkurang aktifitasnya di luar rumah.

Dilansir ekonomi.bisnis.com, Bank Indonesia menyatakan ada 12,5 persen responden yang tidak terkena dampak ekomoni dari pandemi Covid-19. Bahkan, 27,6 persen di antaranya mengalami peningkatan dalam berjualan.

Melihat pertumbuhan UMKM, survey BI menunjukan pengembangan kredit UMKM di tahun 2020 mencapai 1,8 persen, dan sudah ada di angka yang cukup tinggi dengan alokasi, 19,7 persen.


UMKM kemudian mengandalkan media Instagram dan Facebook untuk melakukan penjualannya. Media sosial tersebut ternyata telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia untuk mencari peluang cuan yang baru.

Penggunaan media sosial tentunya yang bisa membawa dampak untuk pelaku UMKM. Dilansir dari databoks.katadata.co.id, ternyata Facebook dinilai bermanfaat bagi kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Terkait adanya peningkatan dalam penggunaan Facebook, sebanyak 92 persen para UMKM mengaku penggunaan Facebook dapat meningkatkan jumlah pelanggang. Facebook pun dapat mengurangi pengeluaran dalam biaya pemasaran.

Tidak hanya media Facebook saja, melainkan media Instagram juga dapat membantu pelaku UMKM dalam mengoptimalkan usahanya. Instagram mendukung pelaku UMKM untuk berjualan di tengah pandemi.

Baca Juga: Fitur Close Friend Dalam Instagram Ternyata Ada Kekurangan dan Kelebihanya, Loh!

Instagram yang membantu UMKM dalam mempertahankan usahanya, dilansir dari selular.id, menyiapkan beberapa fitur, di antaranya ada :
  • Stiker Pesanan Makanan di Instagram Stories
Aplikasi Instagram yang menyediakan fitur untuk dapat memudahkan para UMKM bisa berjualan dan mengajak pelanggan untuk melakukan pemesanan.
  • Akademi Instagram Edisi #dirumahaja
Ini adalah satu salah strategi yang dilakukan Instagram dalam membantu para UMKM untuk tau bagaimana cara memasarkan usahanya melalaui Instagram tersebut. Program ini sudah ada sebelum pandemi dan semakin meningkat di tahun 2020.

Hingga saat ini, berbisnis melalui media sosial atau platform online lainnnya tetap menjadi sasaran utama UMKM. Adapun, sudah mulai banyak pesaing-pesaing UMKM yang juga menggunakan media sosial tersebut untuk melakukan bisnis.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Rugi US$7 Miliar Gara-Gara Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down