Mark Zuckerberg Rugi US$7 Miliar Gara-Gara Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down

Mark Zuckerberg Rugi 7 Miliar Dolar Karena Facebook Down Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Mark Zuckerberg Rugi 7 Miliar Dolar Karena Facebook Down Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp kompak mengalami gangguan server atau down pada Senin (4/10) pukul 23:00 WIB. Gara-gara ketiga aplikasi naungannya itu down, Mark Zuckerberg pun sampai harus kerugian hingga US$7 miliar nih, Be-emers!

Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan di seluruh dunia. Hal itu pun sampai menimbulkan banyak aduan dari masyarakat lho.

Diketahui dari laman Downdetector, ada lebih dari 46.000 laporan terkait Facebook, Instagram, dan WhatsApp yang mengalami gangguan server nih, Be-emers.

Baca Juga: Benarkah 1.000 Pekerja Facebook Dibayar untuk Membaca Pesan WhatsApp?
 

Penyebab Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down

Sejumlah keluhan yang bermunculan pun membuat Facebook harus mengeluarkan pernyataannya secepat mungkin. Dikutip The Guardian, pada Selasa (5/10), Facebook mengkonfirmasi bahwa penyebab gangguan adalah perubahan konfigurasi pada router backbone.

Diketahui, router backbone mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data perusahaan, yang memiliki efek berjenjang. Hal itu lah yang membuat semua layanan Facebook terhenti, termasuk Instagram dan WhatsApp.


 

Mark Zuckerberg Rugi 7 Miliar Dolar Karena Facebook Down Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Mark Zuckerberg Rugi 7 Miliar Dolar Karena Facebook Down Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Bahkan enggak hanya Facebook dan aplikasi di bawah naungannya, gangguan tersebut juga mempengaruhi internal Facebook sendiri! The Guardian melaporkan, para karyawan Facebook pun enggak bisa mengakses platform komunikasi internal mereka sendiri, seperti enggak bisa mengakses Workplace.

Soalnya, sistem internal Facebook sendiri dijalankan dari tempat yang sama. Maka dari itu juga, sulit bagi karyawan untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah gangguan secepat mungkin.

Adapun, sejauh ini, Facebook diketahui belum merinci lebih jauh tentang apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya. Meski begitu, Facebook Inc. telah mengirim tim teknis ke servernya di California untuk mengatur ulang server secara manual, yang mana di sana lah letak masalahnya berasal.
 

Mark Zuckerberg Rugi US$7 Juta

Gara-gara Facebook, Instagram, dan WhatsApp down, Mark Zuckerberg pun harus mengalami kerugian hingga US$7 miliar hanya dalam beberapa jam lho, Be-emers!

Dilansir Bloomberg, aksi jual membuat saham Facebook anjlok hingga 4,9 persen pada perdagangan Senin (9/10). Hal itu pun semakin menambah penurunan saham Facebook hingga 15 persen sejak pertengahan September.

 

Mark Zuckerberg Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Mark Zuckerberg Illustration Web Bisnis Muda - Image: Pinterest


Alhasil, gara-gara saham Facebook anjlok, kekayaan Mark Zuckerberg pun turun menjadi US$121,6 miliar. Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kini posisi Mark Zuckerberg harus berada di urutan kelima di bawah Bill Gates.

Adapun, Bloomberg menyebutkan kalau turunnya saham Facebook enggak hanya dipicu oleh gangguan server yang terjadi. Sejumlah kasus yang menimpa Facebook, seperti kasus kesehatan mental remaja, juga memicu turunnya harga saham Facebook.

Baca Juga: Instagram Tunda Pengembangan Aplikasi untuk Anak-Anak, Kenapa Ya?

Hmm.. akankah Facebook masih bakal sering down lagi ke depannya?