Mau Cuan Jualan Lewat Medsos? Begini Strateginya

Social Media - Canva

Social Media - Canva

Di era teknologi ini, media sosial sudah menjadi bagian dari hidup kita nih, Be-emers. Bukan hanya sebagai sebagai wadah informasi dan bersosialisasi secara digital, bahkan kini media sosial juga kerap dimanfaatkan untuk meraup cuan lho!

Apalagi, kini sejumlah platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, hingga TikTok juga punya fitur “business”. Fitur tersebut tentunya bisa memudahkan kamu untuk mempromosikan hingga menjual produk usaha.

Bahkan, kamu jadi bisa tahu tentang data perilaku konsumen melalui media sosial lho! Berbagai kemudahan tersebut tentunya bisa memudahkan bisnis kamu mendapatkan cuan.

Meski begitu, dikutip dari laman Bisnis, Digital Creator Ndorokakung mengatakan kalau ada sejumlah strategi yang perlu kamu siapkan untuk memanfaatkan media sosial dalam proses pemasaran.

Baca Juga: Cari Cuan Lewat Medsos, Monetisasi Lewat Aplikasi Hyppe Bisa Jadi Pilihan Nih

 

Tetapkan Tujuan, Target Pasar, dan Platform Medsos

Hal paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah menetapkan tujuan. Bayangin deh, kalau kamu ingin pergi tanpa arah tujuan, pastinya kamu akan bingung sepanjang perjalanan.

Kamu bisa pastikan dulu tujuan penggunaan media sosial untuk bisnis kamu. Misalnya, untuk mendapatkan brand awareness, mau meningkatkan sales, atau mencari lead, dan sebagainya.

Kemudian, tetapkan target pasar yaitu kalangan mana, usia, jenis kelamin, di perkotaan atau pedesaan, kelompok pesepeda atau pengguna mobil. Sebab, hal ini akan menentukan konten yang cocok untuk target pasarnya.

Yang enggak kalah penting, kamu juga mesti tahu nih, platform media sosial mana yang cocok dengan brand bisnis kamu. Soalnya, enggak semua platform medsos punya pangsa pasar yang sama nih, Be-emers.
 

Strategi Membuat Konten

Nah, yang paling menantang adalah membuat konten nih, Be-emers. Soalnya, kamu harus mampu membuat konten yang bisa menjawab kebutuhan konsumen lho.

Selain itu, konten juga harus mudah diakses. Soalnya, hal itu bakal meningkatkan engagement dengan konsumen.

Makanya, kamu juga harus punya strategi tersendiri nih untuk membuat konten medsos. Misalnya, kamu bisa membuat content plan, biar ide-ide konten di media sosial kamu bisa disiapkan secara matang dan konsisten.

Lebih dari itu, kamu juga harus memahami waktu terbaik mengunggah konten kamu, iklan, hingga menggunakan influencer atau tidak. Bahkan, penting untuk kamu memiliki konsistensi nama, logo, dan warna sebagai identitas brand, sehingga produk kamu punya tampilan visual yang kuat dan gampang diingat oleh konsumen.

Nah terakhir, jangan lupa juga untuk membuat story atau cerita di balik brand tersebut ya! Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan awareness dan menghadirkan konten yang berbeda dari kompetitor kamu.

Baca Juga: Minat Jadi Selebgram? Ini Tarif Endorse untuk Membangkitkan Semangatmu!