Viral Karena Squid Game, Intip Sejarah dan Peluang Cuan Permen Dalgona

Permen Dalgona Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Permen Dalgona Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Siapa yang sudah nonton serial Squid Game? Salah satu makanan dalam film tersebut, yakni Dalgona, kini menjadi populer di seluruh dunia lho!

Saat kamu mendengar kata “dalgona”, mungkin kamu akan teringat dengan fenomena kopi dalgona, yang populer di awal pandemi Covid-19 pada 2020 lalu. Namun, dalgona sebenarnya bukan nama menu atau varian kopi lho!

Dalgona merupakan salah satu jenis permen tradisional Korea, Be-emers. Biasanya, dalgona dijual di pasar atau festival tertentu di Korea.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis Menu Homemade yang Viral di Youtube & Tiktok
 

Sejarah Permen Dalgona

Dikenal juga dengan nama “ppopgi”, sebelum serial Squid Game, Insider menyebutkan kalau permen dalgona pernah sangat populer di Korea pada era 70an dan 80an lho! Sementara itu, permen dalgona pun sering dibeli sebagai nostalgia permen “jadul” nih.

Selain itu, dari catatan JoongAng Ilbo, permen dalgona sebenarnya punya nama yang berbeda di setiap daerah nih, Be-emers. Bahkan, permen sejenis dalgona juga sebenarnya ada di sejumlah negara seperti Taiwan, China, Hungaria, Selandia Baru, dan Jepang.


Dalam serial Squid Game, terdapat permainan memotong motif permen dalgona dengan menggunakan jarum. Nah, ternyata hal itu memang ada di dunia nyata lho!

 

Permen Dalgona Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Permen Dalgona Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva



Di Korea, The Korea Herald menyebutkan, konsumen bisa mencoba untuk memotong garis atau gambar pada permen dalgona tanpa merusak gambar atau motifnya. Kalau berhasil tanpa memecahkan permen, dilansir Honest Food Talks, konsumen bisa menerima dalgona secara gratis!

Namun, kalau kamu gagal dan memecahkan permen, bukan berarti kamu akan ditembak seperti di serial Squid Game ya. Hihi. Kamu cukup membayar saja permen dalgona tersebut, Be-emers.
 

Cara Membuat Permen Dalgona

Dibuat dari gula dan baking soda, pembuatan permen dalgona sebenarnya cukup sederhana, meski harus sangat teliti.

Pertama, kamu hanya butuh menaruh gula ke dalam wajan berukuran sangat kecil. Kemudian, mulai lah untuk mencairkan gula hingga menjadi karamel dengan api yang tidak terlalu besar. Lalu, masukkan sejumput baking soda.

 

Pembuatan Permen Dalgona Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Pembuatan Permen Dalgona Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva



Dilansir dari The Korea Herald, saat sejumput soda kue dicampur ke dalam gula cair, dekomposisi termal soda kue melepaskan karbon dioksida. Nah, saat itu lah gula cair mulai mengembang dan menjadi permen renyah setelah didinginkan beberapa saat.

Untuk hasil yang sempurna, permen dalgona dituang ke wadah yang rata, kemudian ditekan hingga berbentuk lingkaran pipih. Proses selanjutnya, sebelum permen menjadi dingin, kamu perlu mencetak dalgona dengan cetakan bermotif, seperti halnya di serial Squid Game.

Adapun, pembuatan permen dalgona yang sederhana dengan bahan-bahan yang murah, tentunya bisa menjadi peluang baru untuk mendapatkan cuan nih, Be-emers. Apalagi, dengan semakin populernya permen dalgona, kamu bisa mengkreasikan permen tersebut untuk menarik konsumen.

Gimana, tertarik untuk menjadikan permen dalgona sebagai peluang usaha kamu?

Kalau kamu punya cerita menarik seputar investasi, bisnis, lifestyle, dan lain-lain, tulis aja yuk di Bisnis Muda! Semakin banyak kamu menulis, kamu bakal dapat hadiah menarik lho!