Mengenal Forbes 400, Ada Sejumlah Miliarder Baru di Ranah Kripto yang Masuk Daftar!

Miliarder Kripto Masuk Forbes 400 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Miliarder Kripto Masuk Forbes 400 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Jika banyak orang yang kaya raya dari sebuah bisnis, kini semua orang berpeluang menjadi kaya dari kripto lho, Be-emers. Bahkan, sejumlah miliarder baru yang cuan dari kripto kini berhasil masuk dalam daftar Forbes 400!

Majalah Forbes selalu mempublikasi daftar nama-nama orang-orang inspiratif dan terkaya dari seluruh negara di dunia. Bahkan, daftar yang dibuat Forbes tersebut kerap menjadi acuan data kekayaan tokoh-tokoh penting dunia.

Selain selalu meng-update daftar orang paling kaya di dunia secara real time (Real Time Billionaires Forbes), Forbes juga kerap membuat daftar orang paling kaya berdasarkan tahun dan negara.

Baca Juga: Bill Gates Sempat Tergeser dari Posisi Orang Terkaya Keempat di Dunia, Kenapa Ya?
 

Mengenal Apa Itu Forbes 400

Salah satu daftar Forbes yang cukup populer adalah Forbes 400, yang mana merupakan daftar dari 400 orang terkaya di Amerika Serikat. Nah, 400 orang terkaya itu merupakan warga negara Amerika Serikat yang memiliki aset di “Negeri Paman Sam” tersebut.

Dilansir Forbes, daftar Forbes 400 dimulai oleh Malcolm Forbes pada tahun 1982. Sejak saat itu, daftar tersebut diterbitkan sekitar bulan September setiap tahunnya.


 

Daftar Forbes 400 Illustration Web Bisnis Muda

Daftar Forbes 400 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva



Menurut Peter W. Bernstein and Annalyn Swan, dalam bukunya yang berjudul All the Money in the World: How the Forbes 400 Make--and Spend--their Fortunes, Forbes 400 ibarat sebuah periode energi individu dan kewirausahaan yang luar biasa.

Daftar Forbes 400 juga dinilai sebagai bagian dari argumen yang kuat tentang nilai sosial kekayaan di Amerika kontemporer nih, Be-emers.

Selain itu, dilansir dari Chicago Business Journal, Forbes yang setiap tahun membuat daftar orang terkaya di Amerika juga bertujuan untuk menunjukkan kondisi ekonomi yang ada. aftar tersebut menggambarkan perubahan tren keuangan, posisi kepemimpinan, hingga tujuan filantropi yang berkembang.
 

Masuknya Kripto Miliarder dalam Forbes 400

Dalam catatan Forbes, daftar pertama Forbes 400 hanya memuat 13 miliarder dengan kekayaan bersih mencapai US$75 juta. Selain itu, daftar yang terbit pada 1982 itu mewakili 2,8 persen dari Produk Domestik Bruto Amerika Serikat saat itu.

Menariknya, Forbes 400 tahun 1982 memiliki 22,8 persen orang yang tajir dari minyak, 15,3 persen dari manufaktur, 9 persen dari keungan, dan 3 persen dari sektor teknologi.

Baca Juga: Gabung dengan PSG, Lionel Messi Jadi Pemain Termahal Hingga Dibayar dengan Kripto

Kini, orang kaya yang masuk dalam Forbes 400 sudah semakin beragam. Salah satunya yakni miliarder yang sukses dari aset kripto nih, Be-emers.

Seperti yang kita ketahui, aset kripto makin diminati banyak pihak di seluruh dunia. Bahkan, kripto bisa digunakan sebagai alat transaksi, seperti yang dilakukan di El Salvador.

 

Miliarder Kripto Masuk Forbes 400 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Miliarder Kripto Masuk Forbes 400 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva



Sejumlah pihak pun kerap dikabarkan mendapat banyak cuan alias keuntungan banyak dari aset kripto. Enggak heran, sejumlah orang berhasil membangun kekayaan mereka di dunia kripto dan masuk dalam daftar Forbes 400 tahun ini.

Di tahun 2021, Forbes melaporkan sejumlah miliarder baru dalam daftar Forbes 400 yang berhasil membangun kekayaan dari kripto. Miliarder tersebut antara lain:
  1. Sam Bankman-Fried (US$22,5 miliar)
    Sam menjadi miliarder kripto paling tajir saat ini. Kekayaannya hampir dua kali lipat dengan penutupan kesepakatan US$ 900 juta FTX. Bahkan, mayoritas kekayaannya terikat dalam ekuitas dan token (FTT) FTX.
     
  2. Brian Armstrong (US$11,5 miliar)
    Brian merupakan CEO dan Co-Founder Coinbase, platform crypto exchange terbesar di Amerika Serikat. Ia dilaporkan terus meningkatkan kekayaannya setelah membawa perusahaan IPO pada April 2021. Brian pun diketahui memiliki 19 persen saham di Coinbase.
     
  3. Cameron & Tyler Winklevoss (Masing-Masing US$4,3 miliar)
    Pada bulan April 2021, si kembar yang mendirikan crypto exchange Gemini tersebut sebelumnya telah berhasil menghiasi sampul majalah edisi Miliarder Dunia Forbes 2021.

    Namun, sampul majalah itu hanya dijual sebagai token dan enggak bisa dipertukarkan. Forbes melaporkan, sampul yang berjudul "Merchants of the Metaverse" itu diambildalam lelang di platform seni digital mereka Nifty Gateway, senilai  US$ 333.333.
     
  4. Fred Ehrsam (US$3,5 miliar)
    Di tahun 2012, Ehrsam mendirikan Coinbase dengan Brian Armstrong. Namun di tahun 2017, ia memutuskan hengkang meski tetap menajdi anggota dewan Coinbase dan memilih untuk memimpin perusahaan investasi yang berfokus pada kripto, yakni Paradigm.
     
  5. Jed McCaleb (US$3 miliar)
    Buat kamu yang belum tahu, McCaleb ialah pelopor awal dalam ruang blockchain yang membantu meluncurkan tiga perusahaan crypto terkenal, termasuk Ripple dan Mt. Gox. Nah, dikutip Forbes, sebagian besar kekayaan McCaleb berasal dari saham XRP-nya, sebagai salah satu pendiri Ripple.

Adapun, nama Chris Larsen masih masuk dalam daftar Forbes 400 tahun ini, Dengan kekayaan US$6 miliar, Chairman Ripple ini meningkatkan kekayaannya sebesar US$3,3 miliar karena nilai token XRP melonjak -meski ia harus berhadapan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS yang menuduh Ripple melanggar undang-undang sekuritas.

Gimana, kira-kira suatu saat nanti kamu bakal bisa meningkatkan kekayaan lewat aset kripto juga enggak, Be-emers? Hihi Siapa tahu bisa masuk daftar orang paling kaya versi Forbes nih.


Kalau kamu punya cerita menarik seputar investasi, bisnis, lifestyle, dan lain-lain, tulis aja yuk di Bisnis Muda! Semakin banyak kamu menulis, kamu bakal dapat hadiah menarik lho!