Pandemi dan Peluang Bagi Anak Muda

Ilustrasi judul (sumber design : pinterest.com)

Ilustrasi judul (sumber design : pinterest.com)

Like

Masa karantina yang cukup lama berbulan-bulan di rumah tentu membuat kehidupan sangat jenuh. Belum lagi tidak sedikit masyarakat yang terkena imbas pandemi hingga harus "dirumahkan" sementara oleh tempat kerjanya.

Demi bisa bertahan masyarakat dituntut kreatif dan inovatif. Termasuk bagi kaum muda yang semangatnya masih menggebu-gebu. Berbagai hal pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang kita miliki dan menerapkan kecanggihan teknologi saat ini.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa menjadi peluang sukses anak muda di masa pandemi :


1. Membuat produk masker kain dan faceshield     

 Kita sering mendengar himbauan protokol kesehatan utama yakni  "Memakai masker" menjadi hal yang wajib dilakukan dalam mencegah penularan covid19. Bahkan para pedagang dan pabrik masker pun merasakan kewalahan dengan tingkat permintaan masker yang sangat tinggi. Hingga kenaikan harga  diluar nalar pun terjadi akibat langkanya masker.

Daripada mempersulit diri sendiri dengan tidak kebagian masker di toko, mulai dari sekarang bikin masker sendiri. Caranya mudah sekali, anda hanya perlu menyiapkan 3 lapis kain katun, benang ,jarum, atau mesin jahit, gunting lalu pita. Ukurannya bisa disesuaikan dengan masker medis yang sudah ada. Kita bisa mengikuti tutorial yang banyak tersedia di internet.

Sementara untuk faceshield juga tak kalah penting untuk melindungi keseluruhan wajah. Untuk membuatnya kita hanya perlu bando plastik, mika, busa, karet, double tape, dan pita .


Dengan membuat produk masker kain dan faceshield sendiri , kita tidak hanya memiliki persediaan yang banyak. Tapi sangat memungkinkan untuk dijual atau sekedar dijadikan bantuan APD kepada orang yang membutuhkan.


2. Menjajakan Makanan Via Online

Siapa yang tidak suka dengan dunia kuliner? Apalagi kegiatan "makan" menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia agar bisa bertahan hidup.  Nah, di balik adanya pandemi ini kita tentu memiliki banyak waktu luang. Tak terkecuali untuk mencoba resep menu baru.  Mulai dari camilan ringan kue-kue kekinian hingga menu makanan berat.

Silahkan bereksperimen sepuasnya. Kemudian jika sudah cocok dengan rasa menu bikinan sendiri, kamu bisa menatanya semenarik mungkin dan memberikan tester kepada teman-temanmu. Hitung-hitung promosi, manfaatkan juga media sosial untuk memposting foto masakanmu. Lama-lama pasti banyak yang tertarik untuk membelinya.


3. Membuka Jasa Kurir

Selama pandemi, kita pasti akan jarang keluar rumah kalau tidak terlalu penting. Meski bagaimanapun, kendaraan pribadi harus selalu dipanaskan agar tidak cepat rusak.  Sekalian saja kita buka jasa kurir agar bisa mengaktifkan kembali kendaraan pribadi. Mungkin bisa dimulai dengan bergabung pada usaha teman lainnya untuk pembagian tugas pengiriman barang. Tidak perlu area yang jauh. Cukup di daerahmu saja. Tapi jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan


4. Menjadi Reseller

Saat ini kita tahu, sedang marak-maraknya online shop. Apalagi covid-19 ini mengharuskan kita berjaga jarak dan menjauhi keramaian. Alhasil hampir semua pengusaha sekarang  mulai menerapkan jual beli jarak jauh . Baik brand lokal,nasional, maupun internasional. Untuk menjangkau lebih banyak customer, mereka pasti membuka kesempatan besar bagi para reseller. 

Cukup kita membeli produknya lalu mendaftarkan diri sebagai member. Selanjutnya kita hanya tinggal membantu memasarkan produk tersebut melalui promosi di akun media sosial . Tapi pastikan target pasarnya sesuai atau tidak dengan koneksi kita.


5. Mengikuti Perlombaan Online

Selanjutnya peluang di masa pandemi ini bisa kita dapatkan dari perlombaan online. Hal ini sangat didukung dengan kehadiran instagram. Dari situ, info-info lomba terbaru bisa kita ketahui seperti lomba menulis, blog, puisi, foto , hingga video.  Pihak yang mengadakan juga dari berbagai kalangan termasuk perusahaan besar, dengan hadiah yang bervariasi bisa berupa barang atau justru uang tunai.

Asah bakat dan kemampuan kita sekreatif mungkin dengan mengikuti kompetisi-kompetisi. Jangan ragu dan takut gagal untuk ikutan berkali-kali . Siapa tahu dari perlombaan yang kita ikuti ada yang menjad jalani rezeki kita.

Sekiranya 5 hal tersebut bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman kalangan muda masa kini. Pandemi memang berbahaya bagi kesehatan, tapi bukan berarti menghalangi kita untuk tetap produktif. Terus bergerak dan ciptakan kreativitas yang positif. Karena kita tahu cara  mana yang benar-benar menjadikan kita sukses.

Patuhi peraturan pemerintah demi menekan angka penyebaran covid-19. Utamakan keselamatan dan kesehatan bersama.Semoga Indonesia segera diberikan kesembuhan dan ekonomi kembali membaik