Tawarkan Kupon 4,95 Persen, ORI020 Menarik untuk Kamu Koleksi?

ORI020 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Kementerian Keuangan

ORI020 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Kementerian Keuangan


Pemerintah memang rutin menerbitkan Obligasi Negara Ritel atau yang dikenal dengan ORI. Kali ini, dengan menawarkan kupon 4,95 persen, apakah ORI seri ORI020 menarik untuk dikoleksi?

Pada 4 Oktober 2021, pemerintah melalui Kementerian Keuangan resmi menerbitkan ORI020 kepada publik nih. ORI020 pun ditawarkan hingga 21 Oktober 2021.

Sejatinya, dilansir dari laman Kementerian Keuangan, ORI merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) ritel. ORI020 pun menjadi SBN kelima yang telah diterbitkan sepanjang tahun 2021.

Menariknya, kemenkeu menyebutkan kalau dana dari hasil ORI020 ini bakal digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan APBN 2021, yang mana penggunaannya digunakan untuk upaya penanganan dan pemulihan dampak Covid-19. Salah satunya yakni program vaksinasi.

Sementara itu,  diketahui dari laman Bareksa, pemesanan ORI020 tembus hingga Rp1 triliun dalam kurun waktu 12 jam pertama saja lho! Hmm..sebelum pesan, kayaknya kamu perlu mengetahui sejumlah hal seputar ORI020 nih, Be-emers.


Baca Juga: Milenial Dominasi SBN, Apa Keunggulannya Dibanding Investasi Lain?
 

Karakter dan Keuntungan ORI020

Salah satu karakter dari ORI yakni tenornya yang mencapai 3 tahun. Artinya, setelah melewati jangka waktu 3 tahun, modal investor bakal dikembalikan seluruhnya oleh pemerintah.

ORI020 juga menawarkan kupon sebesar 4,95 persen (fixed rate) nih, Be-emers. Kupon di sini maksudnya adalah sejenis bunga yang diberikan pihak pemerintah kepada investor setiap bulannya.

Kamu pun bisa membeli ORI020 dengan minimal pembelian sebesar Rp1 juta, Be-emers. Lalu, apa saja keuntungan dari membeli ORI020?
  • Lebih aman, karena kupon dan obligasi ini dijamin oleh undang undang.
  • Kuponnya lebih tinggi dibanding rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN lho!
  • Salah satu ciri khas ORI yaitu bisa diperdagangkan di pasar sekunder
  • Dengan begitu, kamu berpotensi mendapatkan capital gain. Misalnya, kamu beli ORI020 Rp1 juta, kamu bisa jual kembali dengan harga Rp1,3 juta melalui pasar sekunder.
 

Prospek ORI020

Memang sih, ORI020 sudah tembus hingga Rp1 juta. Namun, apakah ORI020 cukup prospektif?

Dikutip dari Bisnis, Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto menilai kalau respon masyarakat terhadap ORI020 bakal positif lho! Hal itu terjadi seiring dengan kondisi pasar obligasi dalam negeri yang dinilai cukup kondusif.

Selain itu, Ramdhan berpendapat bahwa saat ini investor ritel kini sedang mencari instrumen yang punya return (imbal hasil) lebih optimal dibanding deposito. Adapun, terbitnya ORI020 yang berdekatan dengan SR015 diyakini bakal jadi salah satu sentimen pendukung nih.

Gimana, tertarik untuk beli ORI020?