YouTube Rewind Resmi Berhenti, Kenapa ya?

YouTube Rewind Resmi Berhenti Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

YouTube Rewind Resmi Berhenti Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Siapa yang suka nonton YouTube Rewind jelang pergantian tahun? Konten video “Rewind” yang tayang di YouTube setiap tahunnya tersebut, kini dikabarkan bakal resmi berhenti nih, Be-emers.

Pada dasarnya YouTube Rewind merupakan video kompilasi yang menampilkan rekap video viral, acara, tren, dan musik setiap tahunnya.

Pertama kali tayang pada 2010, saat itu Rewind dibuat oleh YouTube dengan menampilkan daftar 50 video YouTube paling populer di tahun itu. Produksi video Rewind pertama dilakukan dengan bantuan Seedwell dan Portal A Interactive.

YouTube Rewind pun sukses ditayangkan setiap tahunnya. Meski begitu, sejak 2020, YouTube sebenarnya sudah mengumumkan kalau Rewind bakal enggak ada lagi.

Soalnya, tahun 2020 cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya yakni berkurang atau terbatasnya aktivitas manusia akibat pandemi Covid-19.


Dilansir Variety, pandemi COVID-19 menjadi alasan di balik keputusan diberhentikannya tayangan Rewind di YouTube. Hingga akirnya, di 2021, YouTube secara resmi menghentikan tayangan Rewind.

Baca Juga: Atur Keuangan, Atur Keuangan Tanggal Tua, Atur Gaji, Keuangan, Gaji UMR, Tips Atur Keuangan, 
 

Faktor YouTube Rewind Dihentikan

Meski sudah jadi wacana sejak 2020, penghentian produksi dan tayangan YouTube Rewind di tahun 2021 ini pun punya faktor tersendiri lho, antara lain:

1. Semua Kreator Enggak Terwakilkan

Dilansir Bisnis, salah satu alasan dihentikannya YouTube Rewind adalah karena tidak terwakilkannya semua kreator dalam video kompilasi tersebut.

YouTube Rewind yang hanya berdurasi beberapa menit rupanya enggak memungkinkan untuk merangkum keragaman peristiwa, video, musik, dan berbagai hal lain terlalu luas.

Sejumlah kreator pun akhirnya membuat YouTube Rewind versi mereka sendiri di kanalnya masing-masing. Seperti yang dilakukan kreator Michelle Khare yang membuat YouTube Rewind 2020: The Musical dan PewDiePie dengan YouTube Rewind 2020: Thank God It’s Over.
 

2. Banyaknya Dislike

Di sisi lain, YouTUbe Rewind pernah menetapkan rekor untuk video yang paling enggak disukai di platform mereka pada 2018 lalu. Hal itu terjadi lantaran kreator mengeluh YouTube mengabaikan komunitas platform video dengan menampilkan selebritis mainstream ketimbang YouTuber lokal.

Alhasil, YouTube Rewind telah mendapat lebih dari 19 juta dislike, dibanding jumlah like yang hanya mencapai 3 juta. Meski begitu, YouTube berdalih bahwa alasan mereka menghentikan YouTube Rewind lantara mendapat banyak kritik.

Hmm..menurut kamu gimana nih, Be-emers? Video YouTube Rewind mana yang menurut kamu paling keren?