Diminati, YouTube Kini Punya 50 juta Pelanggan Layanan Premium dan Musik

Pelanggan YouTube Premiun dan YouTube Music Bertambah Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Pelanggan YouTube Premiun dan YouTube Music Bertambah Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Hayoo.. siapa yang hobinya nonton YouTube sambil rebahan? Kini, YouTube dikabarkan sudah punya lebih dari 50 juta pelanggan di layanan premium dan musik lho!

YouTube menjadi salah satu sumber cuan Google yang cukup aktif dan terus berkembang nih. Didirikan sejak 2005 oleh Steve Chen dan kawan-kawannya, YouTube merupakan platform berbagai video secara online sekaligus media sosial yang dimiliki Google.

Dilansir dari laman Semrush, YouTube adalah situs kedua yang paling banyak diakses di seluruh dunia hingga pertengahn tahun 2021!

Punya lebih dari satu miliar pengguna bulanan, dikutip dari data yang dipublikasi YouTube, penonton YouTube juga secara kolektif nonton lebih dari satu miliar jam video setiap harinya lho!

Baca Juga: Belajar dari Austin John, Begini Cara Dapat Cuan dari Streaming Game di Youtube
 

Perkembangan YouTube dan Jutaan Pelanggan Layanan Premium dan Musik

Pada 2006, YouTube secara resmi diakuisisi oleh Google -dengan nilai US$1,65 miliar. Nah, sejak saat itu, model bisnis hingga fitur YouTube semakin berkembang nih, Be-emers.


Dengan semakin berkembangnya YouTube, pendapatan platform video tersebut pun makin meningkat. Bahkan, dikutip dari data Bisnis.com, Google Alphabet melapotkan kalau penadapat YouTube mencapai lebih dari US$7 miliar di kuartal kedua 2021!

Pendapatan itu naik hingga 83 persen dari periode yang sama si tahun 2020 lho. Bahkan, pendapatan yang diraih YouTube tersebut mendekati pendapatan Netflix, yang diketahui mencapai US$7,34 miliar.

Sebelumnya, iklan menjadi sumber pendapatan dominan YouTube. Kini, platform berlogo tombol pemutar warna merah itu juga menawarkan konten berbayar, seperti konten premium dan YouTube Music.

Dilaporkan The Verge, Google telah mengumumkan bahwa mereka memiliki 50 juta pengguna yang berlangganan atau mencoba YouTube Music dan YouTube Premium nih, Be-emers. Padahal di tahun 2020, pelanggan di kedua layanan YouTube tersebut hanya mencapai 30 juta pelanggan.

Sekedar info, YouTube Music Premium berharga US$9,99 per bulan dan memungkinkan pengguna mendengarkan dan mengunduh musik bebas iklan - sama halnya seperti Spotify. 

Baca Juga: Berapa yang Didapatkan Industri Musik dari Spotify dan Youtube?

Sementara layanan YouTube Premium, berharga US$ 11,99 per bulan. YouTube Premium memberi pelanggan akses ke YouTube Music, serta kemampuan untuk mengunduh dan menonton video reguler bebas iklan.

Adapun, YouTube juga kini punya layanan baru yakni YouTube Shorts. Bahkan, dilansir Bisnis, layanan yang disebut-sebut sebagai pesaing TikTok tersebut sudah melampaui 15  miliar tampilan setiap hari lho!

Nah, layanan YouTube mana yang paling kamu suka nih, Be-emers?