Fungsi Referral Code pada Bisnis Online

Fungsi Referral Code pada Bisnis Online Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Fungsi Referral Code pada Bisnis Online Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Be-emers, pernahkah kamu mendapatkan kode unik dari teman atau orang lain saat ingin mendaftarkan diri untuk suatu aplikasi ataupun untuk berbelanja? Yup, hal itulah yang dinamakan referral code atau kode referal.

Referral code merupakan kode unik yang dibagikan kepada banyak orang untuk mengajak mereka menggunakannya dalam melakukan aktivitas dengan platform online, salah satunya adalah berbelanja.

Biasanya, referral code digunakan oleh brand-brand dan pelaku bisnis untuk menjaring lebih banyak konsumen. Selain itu, penggunaan referral code juga bisa memberikan beberapa keuntungan, seperti diskon atau cashback.

Pemilik referral code yang berhasil menyebarkan kodenya ke masyarakat luas hingga digunakan oleh orang-orang, nantinya akan mendapatkan komisi lho, Be-emers! Kok bisa ya? Yuk kita bahas lebih lanjut.
 

Bagaimana Cara Kerja Referral Code?

Awalnya pelaku bisnis harus membuat kode promo atau kode referral yang ingin disebarluaskan. Ada beberapa bisnis yang membuat satu kode untuk seluruh referensi, ada juga yang membuat kode untuk untuk masing-masing referensi yang akan menyebarkannya ke orang lain.

Namun, disarankan menggunakan cara yang kedua karena akan memudahkan pendataan kode referal yang digunakan dan membuat impact yang dihasilkan oleh pemilik kode referal lebih terlihat.


Selanjutnya, kode bisa dibagikan oleh pelanggan atau KOL sebagai pemilik kode tersebut di platform media sosial, e-commerce, marketplace, blog, maupun lewat pesan singkat.

Setelah itu, pelaku bisnis harus mendata dan mengumpulkan kode ketika pelanggan memasukkan kode referal tersebut saat checkout, sehingga perusahaan bisa mengetahui kode referal mana yang digunakan paling banyak oleh konsumen lainnya.
 

Apa Fungsi Referral Code?

 
  • Marketing

Kode unik yang disebarluaskan dapat menjadi salah satu strategi marketing lho, Be-emers. Salah satunya untuk dunia e-commerce maupun marketplace.

Hal tersebut akan menarik banyak orang, ditambah lagi jika kode referral tersebut juga termasuk potongan harga atau diskon hingga potongan ongkos kirim. Cara tersebut diharapkan bisa menjadi strategi yang efektif untuk menarik konsumen baru ataupun menjaga loyalitas konsumen yang sudah ada.
 
  • Menjaring Konsumen

Semakin banyak konsumen yang berbelanja, semakin tinggi pula jumlah produk yang terjual, sehingga brand perusahaan bisa semakin eksis dan berpotensi mendapatkan lebih banyak konsumen. Hal ini juga akan baik bagi pendapatan perusahaan serta peluang untuk berkembang.
 
  • Loyalitas Konsumen

Program kode referal harus beriringan dengan kualitas produk dan layanan yang baik agar konsumen tetap setia menggunakan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Perusahaan bisa memberikan ranking untuk setiap konsumen yang rutin berbelanja dengan referral code.

Masing-masing level yang ditetapkan memiliki nilai plus yang bisa dinikmati oleh konsumen, seperti diskon, penawaran spesial, gratis ongkos kirim, hingga mendapatkan produk merchandise.

Kalau kamu, sering berbelanja menggunakan referral code nggak nih, Be-emers?