Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual Emas?

Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual Emas Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual Emas Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Buat kamu yang suka berinvestasi dengan risiko yang lebih rendah, emas mungkin bisa jadi solusinya nih. Meski minim risiko, kamu juga mesti tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual aset emas yang dimiliki lho, Be-emers.

Harga emas cenderung bergerak lebih stabil dibanding pergerakan harga saham atau aset kripto. Makanya, emas lebih disukai oleh orang-orang yang ingin berinvestasi dengan minim risiko.

Selain itu, emas juga mudah untuk dimiliki. Mulai dari emas batangan yang bisa dibeli di secara langsung, hingga emas digital, dan tabungan emas yang memudahkan kamu untuk bisa memiliki aset investasi tersebut.

Setelah memiliki emas, selain memperhatikan pajak emas, penting juga nih untuk mengetahui waktu yang tepat untuk menjual emas.

Baca Juga: Perhatikan! Sejumlah Aset Investasi Ini Kena Pajak Lho
 

Menjual Emas Sesuai Tujuan Investasi

Pada dasarnya, apapun investasi yang ingin kamu lakukan, penting untuk membuat tujuan investasi terlebih dahulu nih, Be-emers. Misalnya, kamu membeli emas untuk investasi 5-10 tahun ke depan guna menambah modal atau keperluan lainnya.


Investasi emas itu memang lebih cocok untuk keperluan jangka panjang lho. Soalnya, dilansir dari laman Pegadaian, semakin lama kamu menyimpan emas semakin banyak pula peluang keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

 

Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual Emas Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual Emas Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Cek Harga dan Data Historis Sebelum Jual Emas

Pada dasarnya, waktu terbaik saat menjual emas yakni saat harga emas naik. Sedangkan, saat harga emas turun, bisa menjadi momen untuk membeli emas.

Nah, mengecek harga emas sebelum menjual atau membeli adalah hal yang wajib kamu lakukan lho, Be-emers. Pasalnya, harga emas selalu berubah setiap harinya.

Lebih dari itu, dilansir dari laman Pluang, sebenarnya harga emas juga bisa kamu cek secara historis nih. Hal itu pun bisa mempermudah kamu untuk membuat target kapan harus menjual emas di waktu yang tepat.

Mengecek data historis pergerakan harga emas pernah dilakukan oleh seorang analis senior GoldSilver Jeff Clark nih. Jeff membuat data historis pergerakan harga emas global dari tahun 1975 hingga 2020.

Dari data tersebut, ia menemukan fakta bahwa harga emas cenderung stabil saat masuk musim semi dan musim panas. Setelah itu, harga emas justru meroket saat mendekati akhir tahun.

Namun, kamu juga harus memperhatikan sejumlah sentimen yang bisa mempengaruhi pergerakan harga emas ya, Be-emers. Adapun, yang terpenting, jangan berinvestasi hanya karena ikut-ikutan semata tanpa tahu risiko dari investasi itu sendiri.

Kira-kira mau jual emas kapan nih, Be-emers?