Berkat Startup Kecantikan, Antarkan Perempuan Asal India Ini ke Deretan Orang Terkaya di Dunia

Falguni Nayar Illustration Web Bisnis Muda - image: Forbes India

Falguni Nayar Illustration Web Bisnis Muda - image: Forbes India

Like

Kemunculan startup memang mampu mendatangkan pundi-pundi. Khususnya, jika startup tersebut memiliki kredibilitas dan kompatibel guna menghadapi persaingan startup yang juga tak kalah ketat.

Tak heran, banyak dari startup berlomba-lomba dalam menghadirkan produk yang memiliki Unique Selling Point (USP) yang tinggi agar dapat bersaing secara kompetitif.

Tidak sedikit juga dalam menemukan USP, startup melakukan upaya hanya sesederhana melihat permasalahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari pada suatu letak geografis tertentu.

Seperti contoh yang dilakukan oleh startup yang berfokus pada ritel kosmetik dan kecantikan asal India bernama Nykaa yang berhasil mengantarkan CEO daripada startup tersebut masuk ke deretan orang terkaya di dunia, lho, Be-emers!

Baca Juga: Kenapa Bisnismu Butuh Unique Selling Point?


 

CEO & Founder Nykaa Yang Melesat Masuk Deretan Orang Terkaya di Dunia

Mengutip dari Fortune, CEO dan Founder dari startup Nykaa yaitu Falguni Nayar kini sedang menjadi sorotan dunia karena masuk deretan orang terkaya di dunia dengan torehan kekayaan senilai US$7 miliar atau sekitar Rp99,4 triliun.

Terlebih lagi, spotlight yang tertuju kepada Falguni Nayar diketahui karena CEO dari Nykaa ini berhasil mendapatkan predikat self-made female billionaire terkaya di India berdasarkan Bloomberg Billionaire Index.

Sedikit kilas balik, Falguni Nayar yang lahir pada 19 Februari 1963 di Maharashtra, India ini sebelumnya diketahui sempat menjabat sebagai managing director di salah satu bank investasi kenamaan di India yaitu Kotak Mahindra Bank.

Seusai mengabdi sekurangnya hampir 2 dekade, Falguni Nayar menemukan permasalahan yang kerap terjadi di India yaitu keterbatasan produk makeup serta produk perawatan rambut yang hampir dirasakan sebagian besar perempuan di India kala itu.

Melihat permasalahan tersebut, tepat pada tahun 2012, akhirnya Falguni Nayar memutuskan untuk mendirikan perusahaan rintisan bernama Nykaa yang memiliki fokus seputar produk kosmetik kecantikan dan kesehatan.

Berjalan hampir 3 tahun, pada akhirnya Nykaa meluncurkan toko pertamanya di Terminal T3, Bandara Internasional Indira Gandhi pada November 2015.

Baca Juga: Jadi Sorotan, Startup Asal India Ini Jual E-Scooter dengan Harga Terjangkau

Seiring berjalannya waktu, eksistensi serta kredibilitas Nykaa kian melesat hingga kini Nykaa mampu menampilkan 4.000 produk yang terdapat di 80 toko yang tersebar di 40 kota.

Lebih lanjut lagi, kini Nykaa yang merupakan induk dari FSN E-Commerce Ventures ini diketahui telah memiliki pendapatan mencapai US$110 juta atau sekitar 8,2 miliar rupee dengan laba bersih senilai US$474.000 atau sekitar 35,2 juta rupee terhitung pada Juni 2021.

Wah, gimana Be-emers tertarik nggak untuk cuan dari pembuatan perusahaan rintisan?