Kenapa Bisnismu Butuh Unique Selling Point?

Unique Selling Point Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Unique Selling Point Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Dewasa ini, kompetisi bisnis menjadi semakin ketat, Be-emers. Namun, walaupun di dunia bisnis akan selalu ada kompetitor atau pesaing, kamu nggak perlu takut, kok!

Nah, agar bisnismu bisa lebih menonjol dibandingkan pesaing, kamu harus perhatikan faktor unique selling point pada brand dan bisnismu.
 

Apa Itu Unique Selling Point?

Unique selling point atau unique selling proposition yang biasa dikenal dengan singkatan USP, adalah inti bisnismu yang membuat produk atau layanan yang kamu tawarkan berbeda dari pesaing.

Dalam online marketing, mengkomunikasikan USP dengan jelas dan efektif adalah salah satu kunci untuk membuat calon konsumen tertarik pada brand-mu dan akhirnya terciptalah konversi.
 

Kenapa Unique Selling Point Penting?

Kamu tau nggak sih, bahwa unique selling point itu dapat menentukan posisi brand-mu di pasaran, lho. Nilai yang ditawarkan dan solusi dari masalah yang menjadi hal yang penting untuk bisa bersaing.

Dengan USP yang kuat dan mengartikulasikan manfaat secara spesifik, terutama yang tidak dimiliki oleh brand atau kompetitor lain, akan membuat brand atau perusahaanmu menonjol dan memenangi persaingan.


Coba kamu bayangkan, Be-emers, ketika semua produk atau jasa tampak sama, calon konsumen tidak akan tau mana yang tepat untuk mereka. Menjelaskan USP bisnismu akan membantu para konsumen untuk membedakan berbagai pilihan yang tersedia di pasar.

Hal ini merupakan faktor penting dari penjualan yang efektif, terutama bagi bisnis yang berjalan secara online, di mana konsumen memiliki pilihan yang tidak terbatas.

USP juga berperan penting secara internal, karena hal tersebut memaksa kamu untuk benar-benar mempertimbangkan visi, misi, serta nilai brand atau perusahaan yang kamu bangun. Bisnis yang sukses harus bisa menentukan keunggulan dan perbedaan kompetitif yang jelas dari para pesaingnya.

Selain itu, sebagai pemilik bisnis, kamu juga harus mempertimbangkan dan mengkomunikasikan target dan tujuan dari brand atau bisnis yang kamu bangun.

USP yang kamu miliki adalah pembeda utama dan juga akan menjadi alasan para konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Hal tersebut merupakan bagian penting dari strategi pemasaran untuk menarik konsumen baru.

Pada dasarnya, setiap USP yang dimiliki oleh bisnis merupakan hal yang unik. Namun, ada kategori utama yang dapat menentukan USP, yaitu:
  • Kualitas: Bahan baku yang unggul, keahlian produksi yang unggul, metode produksi eksklusif, limited edition, dan lain-lain.
  • Harga: Jaminan harga terendah, gratis biaya pengiriman, diskon massal, penawaran khusus, dan sebagainya.

Bagi perusahaan yang sudah besar dan mapan, USP akan menjadi identik dengan brand mereka, karena nama atau brand perusahaan akan secara otomatis dikaitkan dengan value proposition yang ditawarkan oleh brand tersebut.
 

Bagaimana Cara Mengkomunikasikan Unique Selling Point?

Ada banyak cara bagi perusahaan untuk menyampaikan USP dan mereka kepada konsumen. Beberapa metode yang umum digunakan antara lain:
  • Advertisement: Iklan dan campaign pemasaran melalui media tradisional dapat menjadi cara yang baik bagi bisnis baru untuk menampilkan brand mereka di depan audiens, terutama target konsumen mereka untuk menyampaikan USP.
  • Media Sosial: Media sosial merupakan pendorong besar brand awareness bagi banyak perusahaan. Memiliki kehadiran yang kuat di media sosial dan bekerja sama dengan banyak influencer dapat menjadi cara untuk mengkomunikasikan USP bisnismu.
  • Content Marketing: Membuat konten yang menarik atau viral, yang juga bercerita tentang bagaimana dan mengapa sebuah perusahaan berbeda dari para pesaingnya.
  • Digital Marketing: Bagi toko online atau bisnis digital, USP sering disajikan sebagai tagline pada website.
  • Search Engine Optimization: Meningkatkan SEO website dan peringkat untuk keywords di search engine seperti Google, dapat menjadi cara yang efektif bagi perusahaan untuk menghasilkan visibilitas dan menyampaikan USP mereka.

Nah Be-emers, bagi kamu yang punya bisnis, udah tau belum apa USP bisnismu?