Bagikan Dividen Interim, Berapa yang Grup Djarum Dapat dari BCA (BBCA)?

Yang Didapat Grup Djarum dari Dividen BBCA Illustration Bisnis Muda - Image: Google

Yang Didapat Grup Djarum dari Dividen BBCA Illustration Bisnis Muda - Image: Google

Like

PT Bank Central Asia Tbk. atau Bank BCA bakal bagi-bagi dividen interim nih. Hmm.. kira-kira Grup Djarum dapat berapa ya dari dividen interim emiten dengan kode saham BBCA itu?

BBCa diketahui bakal bagi-bagi dividen interim tunai sebesar Rp25 per saham, atau senilai total Rp3,08 triliun untuk tahun 2021. Menariknya, jumlah dividen interim tersebut rupanya meningkat 27,5 persen dibanding tahun sebelumnya lho, Be-emers.

Dari catatan Bisnis, nilai tersebut mengacu pada jumlah seluruh saham yang telah dikeluarkan BBCA, yakni sebanyak 123,28 miliar lembar saham -pasca BBCA stock split dengan rasio 1:5 terhitung sejak 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Bos BCA Sebut Hanya Akan Ada 3 Bank Digital Besar dalam 10 Tahun ke Depan!
 

Dividen yang Diterima Grup Djarum dari BBCA

Buat kamu yang belum tahu, Grup Djarum merupakan pemilik mayoritas dari saham BCA nih, Be-emers. Kepemilikan Grup Djarum terhadap BCA yakni melalui PT Dwimuria Investama Andalan (DIA).

DIA tercatat memiliki 54,94 persen dari saham BBCA. Jumlah tersebut setara 67,72 miliar saham emiten bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia itu.


Dilansir dari laman Bisnis, dividen interim yang berpotensi akan disetor BBCA ke Grup Djarum yakni sebesar Rp1,69 triliun sebelum akhir tahun 2021!

Di satu sisi, pembagian dividen ini bukan yang pertama di tahun 2021. Sejak awal tahun 2021, BBCA tercatat sudah membagikan dividen tunai sebanyak Rp13,02 triliun, yang mana dividen tersebut berasal dari laba bersih BCA di tahun 2020 sebesar Rp27,1 triliun.

Nah, saat itu BBCA belum stock split, yang artinya Grup Djarum masih menggenggam 13,54 miliar saham BBCA. Dividen yang diterima Grup Djarum di awal tahun pun mencapai Rp7,18 triliun.

Dengan begitu, di tahun 2021 ini, Grup Djarum melalui DIA telah meraih total dividen sebesar Rp8,87 triliun dari BBCA nih, Be-emers! Wow!

Hmm.. siapa nih yang koleksi saham BBCA?

Ceritain pengalaman kamu koleksi saham BBCA dan saham lainnya yuk di Bisnis Muda! Komen di bawah atau tulis langsung dengan cara klik “Mulai Menulis” ya!