Ambisi ke Planet Mars, SpaceX Bakal Luncurkan Starship ke Orbit Awal Tahun 2022

SpaceX Bakal Luncurkan Starship Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

SpaceX Bakal Luncurkan Starship Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Perusahaan ruang angkasa milik Elon Musk, SpaceX, dikabarkan bakal mencoba untuk meluncurkan Starship ke orbit untuk pertama kalinya nih. Apakah ini jadi langkah awal ambisi Elon Musk mengirim manusia ke planet Mars akan dimulai?

Dilaporkan Space.com, SpaceX akan mencoba menerbangkan Starship ke orbit untuk pertama kalinya awal tahun depan. Perusahaan yang eksis sejak 2002 itu menargetkan Januari atau Februari 2022 untuk upaya peluncuran orbital Starship pertamanya itu.

Saat presentasi streaming langsung dengan Dewan Studi Luar Angkasa serta Dewan Fisika dan Astronomi, CEO SpaceX Elon Musk menyebutkan bahwa peluncuran Starship tersebut akan menandai peluncuran Starship lainnya di masa depan.

Baca Juga: SpaceX Siap Kirim Kru Masyarakat Sipil Pertamanya ke Orbit Bumi!
 

Apa Itu Starship Milik SpaceX?

Pada Maret 2006, roket pertama SpaceX yang bernama Falcon 1 diluncurkan. Britannica mencatat, peluncuran Falcon 1 dimulai dengan sukses, meskipun pada akhirnya mengalami kebocoran bahan bakar dan kebakaran.

Meski begitu, SpaceX terus berinovasi terhadap peluncuran roket nih, Be-emers.Apalagi, pada Agustus 2020, SpaceX memenangkan kompetisi NASA dan mendapatkan dana untuk membangun dan mendemonstrasikan pesawat ruang angkasa yang berpotensi melayani ISS setelah penonaktifan pesawat ulang-alik.


Meski Falcon 1 gagal, pada September 2008 SpaceX menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim roket berbahan bakar cair ke orbit lho, Be-emers. Bahkan, Britannica menyebutkan, selang tiga bulan setelah itu, SpaceX juga memenangkan kontrak NASA untuk melayani ISS yang bernilai lebih dari US$1 miliar.

Kini, dilansir BBC, Elon Musk dan tim SpaceX sudah mengembangkan kendaraan yang bisa menjadi game-changer untuk perjalanan ruang angkasa. Kendaraan tersebut salah satunya yakni Starship, yang merupakan sistem peluncuran roket ultra-super-berat terbesar yang dapat digunakan kembali.

Dilansir TechCrunch, Starship memiliki tinggi 394 kaki dan memiliki kapasitas untuk berulang kali meluncurkan lebih dari 100 ton ke orbit. Space.com menjabarkan bahwa Starship terdiri dari dua elemen, yang mana keduanya dirancang untuk dapat digunakan kembali secara penuh dan cepat.

Kedua elemen Starship milik SpaceX ditenagai oleh mesin Raptor generasi berikutnya dari SpaceX. Penerbangan uji orbital yang akan datang akan melibatkan prototipe Starship yang disebut SN20, yang memiliki enam Raptor lengkap, dan Super Heavy 29-mesin yang dikenal sebagai Booster 4.

 

SpaceX Bakal Luncurkan Starship Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

SpaceX Bakal Luncurkan Starship Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Persiapan SpaceX ke Planet Mars

Pada dasarnya, tujuan Elon Musk mendirikan SpaceX yakni untuk menciptakan kehidupan multi-planet. Bagi Musk, dengan menempatkan manusia di dunia lain seperti Mars, hal itu bisa melestarikan peradaban jika Bumi mengalami bencana alam.

Space.com menyebutkan, SpaceX memang sedang mengembangkan sistem transportasi ambisius ini untuk membawa orang dan muatan ke bulan, Mars, dan tujuan jauh lainnya. Bahkan, SpaceX memang bermaksud menggunakan Starship untuk membantu menjajah Mars, sehingga menjadikan umat manusia sebagai spesies multiplanet.

Baca Juga: Luar Angkasa Memanggil! NASA Cari Relawan Buat Tinggal di Planet Mars

Dilansir BBC, Starship akan menjadi sistem transportasi yang sepenuhnya dapat digunakan kembali yang mampu membawa hingga 100 orang ke planet Mars. Hal itu pun menjadi langkah awal dari mimpi Elon Musk yang ingin membangun kota di Mars.

Adapun, SpaceX sudah memiliki beberapa pelanggan untuk Starship lho. Salah satunya yakni miliarder Jepang Yusaku Maezawa.

Gimana, kamu mau ikut Elon Musk ke planet Mars enggak, Be-emers?