Imbas Tragedi Kebakaran Gedung Cyber 1, Shopee Hingga Ajaib Error?

Firefighter Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Firefighter Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Kabar pilu yang juga sekaligus menjadi tragedi yang kurang mengenakan hadir dari salah satu gedung pusat perkantoran di bilangan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Diketahui tepat pada Kamis, (02/12/2021) Gedung Cyber 1 yang dimaksudkan tersebut mengalami peristiwa kebakaran pada siang hari sekitar pukul 12.30 WIB sebagaimana dikutip dari Bisnis.

Pihak @humasjakfire menyebut bahwa titik awal api muncul ialah berasal dari ruang server yang berada dilantai 2 Gedung Cyber 1 tersebut.

Dalam keterangan yang sama, dugaan sementara percikan api ditimbulkan dari korsleting listrik pada ruangan server seluas 500 meter itu.

Kendati demikian, duka nestapa menghiasi tragedi kebakaran Gedung Cyber 1 tersebut karena tragedi tersebut menelan 3 korban jiwa, 2 diantaranya dinyatakan meninggal dunia serta 1 lainnya mengalami luka.


Baca Juga: Dorong Laju Perbankan Digital, Ajaib Borong Saham Bank Bumi Arta


Mulai dari Shopee, Ajaib hingga M-Tix

Gedung Cyber 1 yang didirikan sejak tahun 1995 serta memiliki 32 lantai yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan ini memang kerap digunakan sebagai gudang data center oleh beberapa perusahaan teknologi.

Mulai dari Shopee (PT Shopee International Indonesia), Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) hingga M-Tix (Nusantara Sejahtera Raya) semua mengoperasikan kegiatan serta aktivitas data center di Gedung Cyber 1 ini.

Usai kebakaran melahap Gedung Cyber 1 ini, tak lama aktivitas dari Shopee mulai dikeluhkan oleh beberapa penggunanya.

Keluhan tersebut diantaranya mulai dari beberapa pengguna yang tidak dapat menggunakan Shopee atau ShopeePay hingga beberapa pengguna lainnya yang mengalami akun yang keluar dengan sendirinya.

Tak berselang lama, pihak Shopee langsung membagikan keterangan resmi lewat akun Twitternya @ShopeeID.

 

Image: Official Twitter ShopeeID

Image: Official Twitter ShopeeID



Pihak Shopee juga menambahkan keterangan lainnya. Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira yang menghimbau untuk para pengguna atau mitra agar tidak khawatir dikarenakan aktivitas akan kembali normal serta semua data dan akun juga dipastikan keamanannya.

Sementara itu, pihak Ajaib juga memberikan keterangan serupa sebagaimana yang disampaikan lewat akun Twitter milik Ajaib @ajaib_investasi

 

Image: Official Twitter ajaib_investasi

Image: Official Twitter ajaib_investasi



Tak berhenti sampai disitu, pihak M-Tix juga ikut mengkonfirmasi serta meminta maaf atas ketidaknyamanan pengoperasian aplikasi M-Tix dan menghimbau untuk para pengguna agar sementara membeli tiket secara offline di lokasi bioskop.

 

Image: Official Twitter @cinema21

Image: Official Twitter @cinema21