Resmi Jadi Unicorn, Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Ajaib!

Ajaib Jadi Unicorn Illustration Web Bisnis Muda - Image: Instagram Iqbaal Ramadhan

Ajaib Jadi Unicorn Illustration Web Bisnis Muda - Image: Instagram Iqbaal Ramadhan

Like

Perkembangan perusahaan rintisan alias startup di sektor financial technology (fintech) enggak main-main nih, Be-emers. Bahkan, Ajaib Group kini dikabarkan telah resmi menjadi startup unicorn lho!

Bahkan, dilansir dari Instagram resminya (@ajaib_investasi), Ajaib mengumumkan kalau pihaknya merupakan unicorn fintech investasi pertama di kawasan Asia Tenggara lho! Ajaib pun kini resmi jadi unicorn ke-7 di Indonesia.

Eksis sejak 2018, Ajaib Group yang terdiri dari Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia) ini juga jadi startup yang paling cepat masuk dalam jajaran unicorn di Asean!

Nah, ada sejumlah hal yang perlu kamu ketahui tentang Ajaib!

 

Pendanaan Ajaib

Dilansir Bisnis, Ajaib resmi menjadi unicorn setelah berhasil menggalang dana Seri B senilai US$153 juta. Pendanaan yang didapatkan Ajaib tersebut dari DST Global nih, Be-emers.


Lebih rincinya sih, pendanaan Seri B ini dipimpin oleh DST Global dan investor Ajaib sebelumnya yakni Alpha JWC, Ribbit Capital, Insignia Ventures, Softbank Ventures Asia, dan Horizons Ventures.

Co-Founder & CEO Ajaib Group Anderson Sumarli mengatakan, dikutip Bisnis, dana tersebut bakal digunakan buat merekrut talenta secara besar-besaran dan melakukan kampanye edukasi untuk investor nih. Dengan masuknya pendanaan Seri B tersebut, total dana yang berhasil dikumpulkan Ajaib sejak awal tahun 2021 yakni mencapai US$243 juta!

Pada Januari 2021, Ajaib Group berhasil meraih pendanaan Seri A senilai US$25 juta. Pendanaan yang dipimpin oleh Horizons Ventures dan Alpha JWC itu menjadi salah satu jumlah pendanaan Seri A terbesar di Indonesia!

Baca Juga: Dapat Pendanaan US$25 Juta, Ini Rencana Platform Sekuritas Ajaib
 


Gandeng Han Ji-Pyeong (Kim Seon-Ho) Jadi Brand Ambassador

Siapa yang suka sama drama Korea Start-Up? Buat kamu yang sudah nonton, pasti enggak asing lagi sama karakter Han Ji-Pyeong yang diperankan oleh Kim Seon-Ho kaan?

Popularitas drama Korea Start-Up dan karakter Han Ji-Pyeong sepertinya dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk promosi nih. Tak terkecuali, Ajaib Group.

 

Han Ji-Pyeong BA Ajaib Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Han Ji-Pyeong BA Ajaib Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva



Sejak akhir tahun 2020, PT Ajaib Sekuritas resmi menggandeng Han Ji-Pyeong alias Kim Seon-Ho sebagai brand ambassador-nya nih. Enggak hanya gara-gara Han Ji-Pyeong populer nih, dikutip Bisnis, karakter tersebut dipilih Ajaib karena menggambarkan sosok anak muda yang bekerja keras demi kesuksesannya dan sudah berinvestasi sejak di bangku sekolah!

Makanya, karakter Han-Ji-Pyeong pun dinilai tepat untuk merepresentasikan kesuksesan dan merdeka secara finansial yang bisa diraih di usia muda nih, Be-emers.

 

Raih Lebih dari 1 Juta Investor

Pada 23 September 2021 lalu, dilansir dari laman Instagramnya, Ajaib mengumumkan kalau pihaknya sudah memiliki lebih dari 1 juta investor!

Satu juta investor saham yang menggunakan Ajaib itu pun relatif terjadi sangat singkat nih. Pasalnya, Ajaib baru eksis selama dua tahun terakhir. Adapun, bersamaan dengan hal itu, diketahui bahwa Ajaib Group cukup gencar dalam kampanye dan promosi nih, salah satunya yakni dengan memasang iklan di Wall Street, New York.

Kira-kira, startup mana lagi yang akan menyusul sebagai unicorn?