Geser Posisi Hong Kong & Paris, Tel Aviv Jadi Kota Termahal di Dunia untuk Dihuni

Tel Aviv Jadi Kota Termahal di Dunia untuk Dihuni Illustration Bisnis Muda - Image: Pixabay

Tel Aviv Jadi Kota Termahal di Dunia untuk Dihuni Illustration Bisnis Muda - Image: Pixabay

Like

Bukan London atau Paris, ternyata, Tel Aviv kini telah menjadi kota termahal untuk dihuni di dunia lho! Kok bisa ya?

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa kota-kota besar di dunia seperti New York, London, atau Paris merupakan kota termahal untuk dihuni. Namun, di tahun 2021, rupanya kota Tel Aviv jadi yang termahal nih, Be-emers.

Tel Aviv-Yafo atau yang dikenal dengan sebutan Tel Aviv merupakan kota terpadat di wilayah metropolitan Gush Dan, Israel. Memiliki populasi lebih dari 400 ribu orang, dikutip dari jurnal Jerusalem Facts & Trends 2019, kota Tel Aviv adalah pusat ekonomi dan teknologi Israel lho!

Dilansir dari The Jerusalem Post, kota yang didirikan pada tahun 1909 oleh Yishuv (penduduk Yahudi) ini awalnya ditujukan sebagai wilayah perumahan modern di pinggiran kota pelabuhan kuno Jaffa. Kini, Tel Aviv telah menjelma sebagai kota termahal di dunia!

Baca Juga: Deretan Klub-Klub Sepak Bola Termahal di Dunia Saat Ini!
 

Yang Bikin Tel Aviv Jadi Kota Termahal

Dilansir dari The Guardian, Tel Aviv telah menduduki peringkat kota termahal di dunia untuk dihuni karena adanya kenaikan inflasi yang cepat, yang mana mendorong biaya berbagai macam barang dan jasa di seluruh dunia.


Selain itu, lonjakan biaya di wilayah Tel Aviv sebagian disebabkan oleh kekuatan mata uang nasional (syikal) terhadap dolar. Selain itu, terjadi kenaikan harga untuk transportasi dan bahan makanan di Tel Aviv.

Selain menjadi kota termahal di dunia, Tel Aviv juga menjadi kota paling mahal kedua di dunia untuk hal alkohol dan transportasi. Kota yang terletak di Israel ini juga menduduki peringkat kelima sebagai kota termahal dalam hal perawatan pribadi dan urutan keenam yang termahal dalam hal rekreasi.

 

Tel Aviv Jadi Kota Termahal di Dunia untuk Dihuni Illustration Bisnis Muda - Image: Wikimedia

Tel Aviv Jadi Kota Termahal di Dunia untuk Dihuni Illustration Bisnis Muda - Image: Wikimedia



Bahkan, Tel Aviv juga berada di posisi ketiga teratas di semua 10 kategori pengeluaran utama EIU. Skor indeksnya pun naik 5 poin sejak tahun lalu.

Pada dasarnya, berdasarkan survei yang dipublikasi The Guardian, harga energi dan makanan telah meroket di beberapa negara karena dipicu oleh sejumlah faktor, antara lain:
  • Pembatasan perdagangan
  • Kekurangan tenaga kerja
  • Kemacetan rantai pasokan yang sedang berlangsung

Selain itu, berdasarkan data 50.000 barang dan jasa di 173 kota dikumpulkan pada bulan Agustus dan September 2021, rata-rata harganya naik hingga 3,5 persen dalam mata uang lokal lho. Hal itu pun menjadi inflasi tercepat yang tercatat selama lima tahun terakhir.

Adapun, berbeda sama Tel Aviv, kota Damaskus menduduki peringkat kota termurah di dunia untuk dihuni lho, Be-emers! Menyusul Damaskus, kota Tripoli dan Tashkent juga masuk peringkat kota termurah di dunia!

Hayoo, gimana dengan biaya hidup di kota kamu?