Tips Hemat Dimasa Pandemi

Cemilan home made

Cemilan home made

Like

Sudah lewat beberapa bulan, negara kita mengalami krisis ekonomi akibat pandemi global ini. Sehingga, banyak yang terkena imbas dari Corona ini. Hampir semua mengeluh, dari pengusaha besar sampai UKM. Meskipun mendapatkan gaji, tapi tidak terima full.

Parahnya, ada yang dirumahkan dan jumlah pengangguran di Indonesia bertambah. Dari sini, kebanyakan dari mereka beralih menjadi penjual makanan.

Seperti yang dialami beberapa teman saya, mereka mencoba mencari rezeki dengan menjual makanan rumahan. Selain mengharapkan untung, setidaknya mereka juga dapat menghemat pengeluaran untuk makan. Kalau saya pribadi sih, belum ada niat untuk menjual hasil kreasi masakan sendiri, hanya untuk anak-anak saja.

Diam dirumah terus, pasti nih mulut enggak mau diam alias pinginnya nguyah terus. Alhamdulillah, meski diam di rumah, mengalir terus rezeki yang Allah berikan berupa ada aja kerjaan.

Bersyukurnya lagi, fee-nya langsung cair. Jadi, bisa bikin camilan buat anak-anak dan bikin masakan yang mereka minta. Allah memang selalu menjaga kita dan selalu memberikan rezeki tanpa kita minta.


Saya paling senang masak dan pas matang masakannya langsung dimakan. Enggak pernah kehabisan ide sih nanti mau masak apa atau besok masak apalagi.

Anak-anak selalu minta dimasakan makanan kesukaan mereka. Paling enggak selalu stok telur ayam sama mi instan, baso sapi, atau sarden.

Mereka terbiasa sarapan, jadi kegiatan masak-memasak pun seperti biasa. Habis shubuh, langsung masak nasi di magicom, terus masak lauk untuk sarapan. Sekitar jam delapan, saya ke pasar seperti biasa, beli lauk atau sayuran buat makan siang dan sarapan besok.

Saya dan juga anak-anak suka banget nyemil. Agar keuangan hemat, makanya lebih suka buat sendiri dirumah.

Membuat makanan yang mereka suka dan minta, seperti bikin pizza, mie ayam, susu kacang dan sebagainya. Sebenarnya banyak sih tips agar hemat selain bikin makanan sendiri di rumah, seperti belanja kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional atau di pasar swalayan.

Biasanya, belanja di pasar swalayan sering memberikan diskon saat akhir bulan atau hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Nah, bisa belanja sekalian untuk stok dirumah. Lumayan kan diskonnya bisa hemat pengeluaran belanja harian? 

Semoga bermanfaat ya..