MDI Ventures Telkom dan Binance Umumkan Dirikan Bursa Kripto di Indonesia

Binance Illustration Web Bisnis Muda - Image: Reuters

Binance Illustration Web Bisnis Muda - Image: Reuters

Like

Pekan ini rasanya pantas disematkan sebagai pekan untuk Binance, pasalnya runtutan kabar seputar salah satu pusat perdagangan kripto terbesar di dunia itu telah menghiasi pemberitaan hampir sepekan penuh ini.

Mulai dari Binance yang dikabarkan menghentikan layanan operasinya di Singapura sampai rumor Binance yang akan mendirikan bursa kripto di Indonesia.

Akan tetapi, titik terang seputar rumor Binance yang akan mendirikan bursa kripto di Indonesia nampaknya semakin terpancar usai pihak PT Telkom Indonesia juga ikut buka suara menyusul pihak Bank BCA terdahulu.

Bahkan, pihak Telkom dikabarkan telah menindaklanjuti komitmen untuk berkolaborasi lewat skema joint venture, lho, Be-emers!

Baca Juga: Rumor Binance Akan Buka Bursa Kripto di Indonesia, Pihak BCA Akhirnya Angkat Suara
 

Seputar JV MDI Ventures-Binance

Mengutip dari Bisnis, tepat pada Rabu, (15/12/2021) PT Telkom Indonesia Tbk. melalui modal ventura miliknya yaitu MDI Ventures mengumumkan telah menindaklanjuti komitmen untuk berkolaborasi dengan Binance Holdings Ltd lewat kesepakatan joint venture untuk menciptakan bursa kripto di Indonesia.


Kesepakatan tersebut resmi diumumkan tepat dua hari setelah pihak yang sebelumnya dikabarkan juga ikut terlibat yaitu Bank BCA (PT Bank Central Asia Tbk) menyanggah rumor yang beredar.

Lebih lanjut lagi, MDI Ventures menyebut nantinya skema joint venture yang dijalin dengan Binance ini dimaksudkan untuk menciptakan platform kripto yang dapat terintegrasi dengan rupiah.

Namun MDI Ventures juga menyadari bahwa hal tersebut tentunya memerlukan perizinan dan lisensi dari pihak-pihak terkait seperti contohnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Terlebih, Binance juga menambahkan bahwa pihaknya ingin menyediakan infrastruktur serta teknologi pendukung perdagangan kripto dengan memenuhi sepenuhnya peraturan serta regulasi yang berada di Indonesia.

Secara terpisah, kesekapakatan ini bermula dari ambisi MDI Ventures yang ingin menjadi fasilitator dalam meningkatkan kemampuan Indonesia dari segi infrastruktur keuangan digital di masa depan.

Bersamaan dengan itu, Binance yang juga bertekad untuk menumbuhkan ekosistem kripto dan blockchain secara global melihat Indonesia sebagai sasaran yang potensial di Asia Tenggara terkhusus hingga saat ini diperkirakan aktivitas kripto yang berlangsung didalam negeri sudah mencapai Rp9 triliun.

Adapun MDI Ventures memilih Binance sebagai rekan kolektifnya didasari kapabilitas serta kredibilitas yang dimiliki Binance dalam perdagangan kripto, tercatat Binance mampu melangsungkan transaksi hingga US$49 miliar per hari.

Baca Juga: Binance Hentikan Layanan Operasinya di Singapura