Cara Si Introvert dan Ekstrovert Mengelola Uang Berdasarkan MBTI

Like

Tipe Introvert dalam Keuangan

Introvert punya stigma yang cenderung tertutup dalam banyak hal. Hmm.. gimana dalam hal keuangan?

Apakah mereka pelit? Atau mereka punya tujuan tertentu dalam keuangannya?

Ternyata, setiap tipe introvert juga punya cara masing-masing dalam mengelola keuangannya nih, Be-emers.

 

Keuangan Tipe Kepribadian MBTI Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Keuangan Tipe Kepribadian MBTI Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Introverted, Intuitive, Thinking, Judging (INTJ)

Tipe INTJ merupakan orang yang bijaksana, suka menyempurnakan detail kehidupan, menerapkan kreativitas dan rasionalitas pada semua yang mereka lakukan. Mereka yang punya kepribadian INTJ punya dunia batin yang sering banget cenderung kompleks.

Nah, dalam hal keuangan, INTJ lebih condong ke arah yang teliti dengan uang mereka. Bahkan, INTJ cenderung kurang tertarik untuk menghabiskan uang mereka lebih banyak lho!


Mereka melihat uang sebagai alat hal yang enggak terlalu terikat atau punya pengaruh emosional. Namun, mereka tetap bisa “menikmati” uang kok, cuma yaa.. INTJ akan lebih memprioritaskan uang mereka untuk hal-hal yang dianggap sangat penting.
 

Introverted, Intuitive, Thinking, Prospecting (INTP)

INTP adalah sang ahli dalam logika. Pemikir fleksibel ini senang mengambil pendekatan yang enggak konvensional untuk banyak aspek kehidupan lho. Bahkan, INTP sering mencari jalan yang dianggap impossible oleh banyak orang, kayak mencampurkan keinginan untuk bereksperimen dengan kreativitas pribadi.

Makanya, dalam keuangan, INTP biasanya lebih mementingkan pemenuhan kebutuhan mereka daripada mengumpulkan kekayaan. INTP bahkan enggak melihat uang sebagai indikator status dan mungkin enggan menghabiskan banyak uang untuk penampilan mereka.
 

Introverted, Intuitive, Feeling, Judging (INFJ)

Disebut sebagai kepribadian paling langka di dunia, INFJ cenderung mendekati kehidupan dengan perhatian dan imajinasi yang mendalam. Para INFj punya idealisme dan integritas yang mendalam dan mengambil langkah nyata untuk mewujudkan tujuan mereka.

Di satu sisi, INFJ sering banget dianggap lemah dalam hal keuangan nih, Be-emers. INFJ cenderung enggak mau ribet sama uang yang mereka punya.

Makanya, INFJ yang sudah merasa dirinya complicated itu cenderung bakal mengatur keuangan mereka dengan standar yang ada di masyarakat. Misalnya, punya dana darurat, investasi saham, investasi emas, tabungan berjangka, dan sebagainya.
 

Introverted, Intuitive, Feeling, Prospecting (INFP)

Dalam website 16 Personalities, INFP juga disebut-sebut sebagai kepribadian yang langka nih, Be-emers. INFP cenderung pendiam, berpikiran terbuka, dan imajinatif.

INFP yang sering disebut sebagai mediator ini termasuk di antara tipe kepribadian yang menunjukkan ketidaktertarikan relatif pada uang lho! Bahkan, INFP enggak terlalu termotivasi untuk memperoleh kekayaan.

Baca Juga: Peluang Cuan untuk Kamu yang Introvert
 

Introverted, Sensing, Thinking, Judging (ISTJ)

ISTJ terkenal punya pandangan hidup yang rasional. Seseorang dengan kepribadian ISTJ menyusun tindakan mereka dengan hati-hati dan melaksanakannya dengan tujuan yang sesuai metode atau logika.

Sebagai orang yang sangat logis, ISTJ melihat uang lebih sebagai komoditas penting daripada kebanyakan orang. ISTJ cenderung hati-hati banget dengan uang mereka dan memikirkan bagaimana uang itu keluar dari tangan mereka.

ISTJ sangat bijak dalam menyusun anggaran dan pengeluaran. Namun, kadang ISTJ enggak selalu hemat seperti kelihatannya kok.
 

Introverted, Sensing, Feeling, Judging (ISFJ)

Kepribadian ISFJ cenderung hangat dan sederhana dengan cara mereka sendiri. Selain itu, mereka juga efisien dan bertanggung jawab, memberikan perhatian yang cermat dalam kehidupan sehari-hari.

Enggak heran, tipe ISfJ adalah tipe kepribadian yang paling mungkin memilih menabung daripada menghasilkan lebih banyak uang. ISFJ memilih gaya pengelolaan uang yang lebih konservatif.

Jadi, para ISFJ cenderung menyesuaikan kebutuhan finansial mereka dengan mempertahankan kehidupan yang stabil untuk diri mereka sendiri dan orang-orang yang mereka cintai. ISFJ pun adalah tipe kepribadian yang kecil kemungkinan menghabiskan banyak uang untuk hobi.
 

Introverted, Sensing, Thinking, Prospecting (ISTP)

ISTP cenderung punya pola pikir individualistis, mengejar tujuan tanpa perlu banyak koneksi eksternal. Mereka dengan kepribadian ISTP terlibat dalam kehidupan dengan rasa ingin tahu dan keterampilan pribadi, serta melakukan pendekatan dengan suatu hal sesuai kebutuhan.

Tipe kepribadian ISTP bisa misterius karena mereka cenderung ragu-ragu untuk banyak berkomitmen. Namun, ISTP juga cenderung rendah hati, tidak menghabiskan banyak uang atau menghabiskan lebih dari yang mereka anggarkan.

Di satu sisi, ISTP lebih termotivasi oleh uang daripada kebanyakan orang ketika mereka memilih karir. Jadi, ketika berkarir, uang adalah pertimbangan utamanya.
 

Introverted, Sensing, Feeling, Prospecting (ISFP)

ISFP adalah seorang petualang yang cenderung punya pikiran terbuka dan mendekati kehidupan serta pengalaman baru. ISFP punya kemampuan untuk mengungkap potensi yang menarik.

Pada dasarnya, ISFP menganggap bahwa hidup adalah perjalanan, bukan hanya tujuan. Makanya, kekayaan bukanlah tujuan utama bagi ISFP.

Namun, ISFP tetap akan mencoba untuk menjadi kaya sih, Be-emers. Terutama nih, jika ISFP bisa menghasilkan uang sebagai wirausahawan mandiri.

Ingin tahu cara ekstrovert mengelola keuangannya? Cek di halaman berikutnya yuk!