Cara Si Introvert dan Ekstrovert Mengelola Uang Berdasarkan MBTI

Like

Tipe Ekstrovert dalam Keuangan

Ekstrovert memang suka banget kalau berkumpul dan ketemu banyak orang. Eits, tapi apakah hal itu bikin seorang ekstrovert adalah orang yang boros?

Mending kita langsung cek cara setiap tipe ekstrovert dalam mengelola uangnya nih.
 

Keuangan Tipe Kepribadian MBTI Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Keuangan Tipe Kepribadian MBTI Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging (ENTJ)

Mereka yang tipe kepribadiannya ENTJ adalah orang-orang tegas yang menyukai sebuah momentum dan pencapaian. ENTJ mengumpulkan informasi untuk membangun visi kreatif mereka dan jarang ragu sebelum bertindak berdasarkan visi tersebut.

Makanya, ENTJ cenderung menganggap uang sebagai hal yang serius dan pastinya mereka punya anggaran yang selalu update. Bahkan, ENTJ menjadikan uang sebagai dasar dari banyak keputusan hidup, termasuk pilihan pendidikan dan karir.

ENTJ bisa melampaui kebutuhan dan memperluas minat mereka pada uang untuk mencapai keinginan. Namun, sifat “Judging” yang dimilikinya, membuat ENTJ tetap terkendali dan mereka enggak menghabiskan uang dengan bodoh atau berlebihan dalam mengejar kehidupan yang baik.
 

Extraverted, Intuitive, Thinking, Prospecting (ENTP)

ENTP cenderung berani dan kreatif. Mereka juga suka mengejar tujuan dengan penuh semangat, meskipun ada hambatan yang mungkin mereka hadapi.


Kebalikannya dari ENTJ, tipe ENTP justru cenderung enggak menggambarkan diri mereka sebagai orang yang menyukai anggaran. ENTP malah lebih suka membelanjakan uangnya lebih dari yang seharusnya nih, Be-emers.

ENTP cenderung mengukur kesuksesan dengan kekayaan, sehingga mereka sering kali berupaya untuk berpenghasilan tinggi dan menjadi pekerja keras. Namun, sayangnya ENTP menganggap menabung bukanlah suatu hal yang harus mereka upayakan dengan keras.
 

Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging (ENFJ)

ENFJ dikenal sebagai tipe kepribadian yang hangat dan suka membantu orang lain. Selain itu, ENFJ punya energi kreatif untuk mencapai tujuan mereka.

Dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya, ENFJ yang sering dianggap protagonis adalah tipe yang paling enggak mungkin menggunakan rekening bank mereka untuk menjaga uangnya. ENFJ cenderung menghargai nilai uang untuk membantu orang lain, terutama yang mereka sayangi.

Meski begitu, mayoritas dari mereka masih mengukur kesuksesan dengan uang yang mereka miliki kok. Mereka juga cenderung pandai menabung.
 

Extraverted, Intuitive, Feeling, Prospecting (ENFP)

ENFP enderung merangkul ide dan tindakan besar yang mencerminkan harapan serta niat baik mereka terhadap orang lain. Bahkan, energi mereka yang hidup disebut-sebut bisa “mengalir ke berbagai arah.”

ENFP adalah tipe yang cukup idealis. Makanya, ENFP percaya bahwa mereka bisa hidup lebih baik sambil menghabiskan lebih sedikit uang.

Namun, di sisi lain, ENFP juga bisa menjadi mudah bosan dan cenderung mendambakan hal-hal yang bisa memberi mereka kesenangan. Nah, hal itu tentu bisa membuat pengeluaran mereka kadang menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Extrovert, Introvert Bukan Soal Aktif Berbicara Tapi Energi!
 

Extraverted, Sensing, Thinking, Judging (ESTJ)

ESTJ adalah tipe kepribadian yang punya ketabahan besar, tapi tegas mengikuti penilaian mereka sendiri yang masuk akal. Di satu sisi, status sosial lebih penting bagi ESTJ dibanding tipe ekstrovert lainnya.

Seorang ESTJ selalu ingin yang terbaik. Makanya, enggak heran deh kalau ESTJ selalu termotivasi untuk punya penghasilan yang sangat tinggi.

Selain itu, ESTJ cenderung punya rencana keuangan yang berfokus pada menghasilkan lebih banyak daripada menyimpan apa yang sudah mereka miliki. Namun, hal itu bukan berarti ESTJ mengabaikan untuk menabung ya, Be-emers.
 

Extraverted, Sensing, Feeling, Judging (ESFJ)

ESFJ terkenal penuh perhatian dan fokus pada orang lain. Mereka juga senang mengambil bagian dalam komunitas sosial mereka.

Namun, dalam hal keuangan, ESFJ berhati-hati dengan uang dan cukup teliti dalam menabung. Bahkan, ESFJ kemungkinan besar adalah investor konservatif dan lebih suka menabung daripada menghasilkan lebih banyak uang sebagai rencana keuangan utama mereka lho!

ESFJ agak keras kepala dan konvensional. Meski begitu, ESFJ umumnya menginginkan stabilitas dan yang terbaik untuk orang-orang yang mereka sayangi nih.
 

Extraverted, Sensing, Thinking, Prospecting (ESTP)

Seorang ESTP cenderung energik dan berorientasi pada tindakan. Mereka suka bereksplorasi pada peluang hidup, baik bersosialisasi dengan orang lain atau dalam pengejaran tujuan hidup.

ESTP juga dikenal sebagai wirausaha yang baik. Makanya, ESTP enggak keberatan mengeluarkan uang jika itu berarti dan bisa berkesan.

Sayangnya, ESFP cenderung kurang peduli sama anggaran yang ribet karena mereka yakin bisa menyelesaikan masalah keuangan dengan cepat. Meskipun ESTP mungkin memperhatikan arus kas mereka, tapi kalau dikasih pilihan, mereka akan berpetualang untuk menetapkan tujuan keuangan yang sebenarnya bisa diprediksi.
 

Extraverted, Sensing, Feeling, Prospecting (ESFP)

ESFP suka banget sama pengalaman hidup, terlibat dalam hidup dengan penuh semangat, dan senang menemukan hal yang tidak diketahui. penuh semangat, dan senang menemukan hal yang enggak diketahui sebelumnya. Mereka sangat senang bersosialisasi dan mendorong orang lain untuk melakukan kegiatan bersama.

Orang dengan tipe ESFP menghargai diri mereka sendiri dengan menghabiskan sebagian dari gaji mereka dengan senang hati. ESFP pun adalah salah satu tipe kepribadian yang paling menikmati kemewahan dan keindahan.

Enggak heran deh, kalau habis gajian, mereka lebih suka traktir banyak orang. Bahkan, ESFP adalah tipe kepribadian yang paling kecil kemungkinannya untuk menganggarkan uang.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Dikenal Sangat Cinta Uang Lho!

Nah, apakah tipe kepribadian kamu sesuai dengan cara kamu mengelola keuangan? Adapun, tipe kepribadian berdasarkan MBTI ini hanya bisa dilakukan dengan tes ya, Be-emers.

Sejumlah situs online juga menyediakan jasa tes MBTI ini kok. Jadi, enggak ada salahnya untuk mencoba ya!