Bermain Layang-Layang Solusi Atasi Kejenuhan di Kala Pandemi

waktu sore waktu pas Anak-Anak Bermain Layang-Layang sumber foto : okezone.com

waktu sore waktu pas Anak-Anak Bermain Layang-Layang sumber foto : okezone.com

Like

Tentu di zaman yang sangat canggih seperti sekarang bermain teknologi adalah hal yang sudah kita dapatkan dan inginkan selama ini tapi karena pandemi melanda negeri ini orang-orang seakan sudah bosan dengan namanya kecanggihan teknologi. 

Kenapa bisa seperti itu? ya jawaban nya orang-orang ingin kembali berinteraksi dengan masyarakat sekitar serta melihat kehidupan yang sebenarnya tapi karena pandemi semua akses dibatasi dari mulai aktivitas sekolah yang dilarang, pusat perbelanjaan yang tutup serta akses jalan keluar kota yang dibatasi. Seakan-akan kita seperti ingin sudahi saja hidup ini.

Lain cerita dengan teman saya Bowo mengatakan pandemi yang melanda negeri ini harusnya kita sikapi dengan perbuatan yang baik dan elok serta tetap mematuhi protokal kesehatan, Bowo pun membagikan tips nya kala berada #dirumahsaja.

Bermain layang-layang, ya bowo membagikan tips bagi kalian yang bosan dengan kegiatan bermain teknologi seperti gadget & tentunya rebahan. Bermain layang-layang pada dasarnya membutuhkan 3 komponen yaitu alat utama, lapangan yang cukup atau teras bermain, serta fisik yang sehat dikala sore datang.

Dan kali ini kita akan bahas cara membuat layang-layang, kenapa layang-layang ? Karena layang-layang adalah komponen utama yang harus kita punya dari yuang disebutkan bowo. Ini dia tips buatan tangan sendiri yang pastinya akan membuat kita jauh lebih puas dan bahagia! Jadi, mari simak beberapa langkah ini


Cara membuat layang layang sederhana, Bahan yang diperlukan:

- 1 bilah bambu tipis dengan lebar kurang lebih 1 cm serta panjang lebih kurang 60-80 cm, tergantung panjang layangan yang mau di buat.

- 1 bilah bambu tipis dengan lebar kurang lebih 1 cm serta panjang lebih kurang 40-50 cm, tergantung lebar layangan yang mau di buat.
- Kertas minyak dengan ukuran sama yang kiranya cukup dengan ukuran bambu.
- Spidol.
- Gunting.
- Meteran.
- Isolasi.
- Pita gulung yang tebal.
- Benang atau tali tipis.


Cara Pembuatannya:

- Letakkan kedua bilah bambu dalam posisi menyilang, yakni dengan titik temu pada 1/3 bambu yang paling panjang.
- Ikatkan kedua benda itu dengan menggunakan benang maupun tali tipis.
- Ikat serta kaitkan ke empat ujung bambu tadi memakai tali atau benang hingga rangka layang-layang berbentuk wajik seperti bentuk layangan pada umumnya.
- Jika rangka udah selesai, lantas tempatkan rangka itu di atas kertas minyak.
- Buat tanda di kertas itu dengan menggunakan spidol mengikuti pola rangka layang-layang.
- Supaya lebih aman, berikan jarak kurang lebih 2, 5 cm dari ukuran aslinya.
- Potong kertas itu dengan menggunakan gunting sesuai sama garis yang udah di buat.
- Bila udah, rekatkan kertas itu ke rangka dengan memakai isolasi. Janganlah lupa, lebar sisa kertasnya di balik terlebih dulu hingga yang diisolasi yaitu sisi belakangnya.
- Jika dibutuhkan, kertas koran atau pita dapat dipakai untuk dijadikan ekor. Tidak hanya untuk memperindah, ia juga berperan menyeimbangkan layang-layang saat nanti diterbangkan.
- Buat lubang pada bagian tengah layang-layang (di samping tempat penyilangan rangka bambu) serta masukkan benang layangan ke lubang itu lantas ikatkan ke rangka persilangan.
- Buat kembali lubang di bawah titik tengah kurang lebih 5-8 cm, tergantung ukuran layang-layang.
- Tautkan benang dari titik tengah menuju lubang di bawahnya.

Nah tak lupa bowo pun memberikan beberapa tips bermain layangan agar nyaman dan semakin menyenangkan: yakni Bermain di lapangan atau teras rumah, Membawa topi agar tidak panas, Bersama saudara (jika mempunyai agar gak jenuh), Bermain di sore hari (biasanya) dan agar angin tidak terlalu kencang.

???????Sedikit tambahan dari bowo adalah semakin panjang benang layang-layang itu akan semakin baik karena layang-layang bisa terbang makin tinggi serta mendapatkan angin yang cukup untuk tetap terbang. Namun berhatilah-hatilah ketika menggulungnya, karena jika tidak dilakukan dengan benar maka benang kalian akan kusut.

Dan mudah-mudahan tips di atas bisa membuat kalian lebih sukses lagi dan berhasil dalam membuat layang-layang serta menerbangkan nya. Selamat mencoba ya, dan terima kasih atas dukungannya. Salam sukses untuk kalian wahai para kaum rebahan ( beralih ke pemain layangan ) hehe.