#FunFact: Trainee untuk Jadi Idol K-Pop, Sulit Enggak Sih?

Fun Fact Trainee untuk Jadi Idol K-Pop Illustration Bisnis Muda - Image: BTS (Wikimedia)

Fun Fact Trainee untuk Jadi Idol K-Pop Illustration Bisnis Muda - Image: BTS (Wikimedia)


Untuk kamu yang fans sejati aliran musik K-Pop, pastinya sudah enggak asing dengar kata “trainee” kan, Be-emers? Sudah jadi bagian dari industri hiburan di Korea Selatan, ada sejumlah fakta menarik lho tentang trainee idol K-Pop.

Di era 2000-an, dilansir dari laman The Korea Herald, K-pop pertama kali membentuk fandom remaja, terutama dalam komunitas di wilayah Asia seperti China dan negara-negara Asia Tenggara. Fandom tersebut muncul seiring dengan popularitas grup vokal seperti TVXQ, Bigbang, Super Junior, hingga SNSD (Girls Generation).

Hayooo..kamu salah satu dari grup vokal tersebut enggak nih, Be-emers?

Popularitas K-Pop pun makin meluas ke seluruh belahan dunia, termasuk Amerika Serikat. COO K-Pop Center Joyce Park, dikutip The Herald,  mengatakan bahwa K-pop telah melihat statusnya meningkat lebih tinggi dari sebelumnya di masyarakat Amerika -terutama berkat kesuksesan fenomenal grup vokal (boyband) BTS.

Para artis K-Pop -yang kemudian dikenal dengan sebutan “idol”- juga enggak menempuh perjalanan singkat untuk bisa debut dan terkenal lho, Be-emers. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebelum debut sebagai idol, mereka harus menjalani masa pelatihan di agensi sebagai seorang trainee.


Baca Juga: Berapa Sih Budget Yang Dibutuhkan untuk Endorse Idol K-Pop?
 

Harus Ikut Audisi untuk Jadi Trainee

Enggak cuma ajang pencarian bakat kayak American Idol yang ada audisinya, untuk jadi trainee di agensi K-Pop pun, kamu pun mesti melewati tahap audisi lho!

Sejumlah agensi biasanya punya berbagai cara untuk menggelar audisi nih. Ada yang melakukan audisi secara tertutup, ada juga yang melakukan audisi secara besar-besaran.

 

Harus Ikut Audisi untuk Jadi Trainee K-Pop Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Harus Ikut Audisi untuk Jadi Trainee K-Pop Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Bahkan, enggak jarang, agensi K-Pop melakukan yang namanya “street casting” nih, Be-emers. Soalnya, di Korea Selatan, banyak anak muda yang tampil di tempat publik untuk bernyanyi hingga menari.

Enggak hanya bisa menyalurkan bakat mereka di tengah masyarakat secara langsung, mereka juga berpeluang untuk bertemu dengan produser musik jika beruntung. Soalnya, para anak muda yang tampil di tempat publik dinilai sudah memiliki bakat dalam dunia hiburan serta kepercayaan diri yang tinggi.

Baca Juga: Berapa Nilai Kekayaan 4 Agensi Entertainment Terbesar Korea Selatan?

 

Masa Trainee yang Panjang dan Kadang Enggak Pasti

Beda sama di Indonesia, yang mana seseorang berpeluang untuk bisa terkenal dalam waktu singkat, di Korea Selatan justru harus butuh waktu lama untuk mewujudkannya lho. Soalnya, untuk jadi idol atau artis, seseorang haru melewati masa trainee atau pelatihan yang enggak sebentar.

Masa trainee untuk jadi idol di Korea Selatan itu beda-beda, Be-emers. Ada yang membutuhkan waktu berbulan-bulan, hingga bertahun-tahun.

Lama atau tidaknya masa trainee ditentukan oleh kebijakan agensi. Selain itu, agensi juga mempertimbangkan perkiraan waktu debut, penilaian trainee, dan lain-lain.

Rata-rata, dilansir dari laman Koreaboo, trainee untuk menjadi idol di Korea Selatan yakni dimulai dari 2 hingga 4 tahun. Bahkan, G-Dragon dari grup Bigbang, diketahui telah menempuh masa trainee hingga 8 tahun di dua agensi berbeda.

 

Anggota Blackpink Sebelum Debut (Dulu Akan Debut sebagai Grup Pink Punk) Illustration Bisnis Muda - Image: Instagram

Anggota Blackpink Sebelum Debut (Dulu Akan Debut sebagai Grup Pink Punk) Illustration Bisnis Muda - Image: Instagram


Selain itu, seorang trainee juga kadang harus mengalami fase ketidakpastian dari agensi lho. Misalnya, waktu debut yang enggak pasti, sehingga membuat trainee merasa putus asa hingga memutuskan untuk berhenti atau pindah agensi.

 

Persaingan Ketat selama Menjadi Trainee

Sebelum debut, para calon idol sebenarnya sudah harus bersaing secara ketat lho saat menjadi trainee. Pasalnya, ada penilaian rutin yang dilakukan oleh agensi.

Nah, kemampuan para trainee harus selalu berkembang dan meningkat setiap waktunya. Soalnya, trainee yang dianggap enggak berkembang, tentu saja bisa disingkirkan oleh agensi.

 

Grup Blackpink saat Masih Menjadi Trainee  Illustration Bisnis Muda - Image: YouTube Blackpink

Grup Blackpink saat Masih Menjadi Trainee Illustration Bisnis Muda - Image: YouTube Blackpink


Selain itu, agensi biasanya akan melihat kemampuan para trainee untuk memilih mereka debut menjadi sebuah grup, solo, atau bahkan menjadi aktor hingga bintang iklan. Makanya, sejak masih jadi trainee, mereka sudah bersaing ketat demi mendapatkan kesempatan debut nih, Be-emers.

Belum lagi, kini sejumlah agensi mulai membuka kesempatan anak muda di luar Korea Selatan untuk menjadi trainee. Hal ini tentu saja akan memudahkan idol mereka untuk dikenal lebih luas secara internasional.

Baca Juga: Merchandise K-Pop: Peluang Cuan dari Fans Oppa dan Eonni Korea

 

Banyak Larangan dan Tekanan

Untuk menjadi idol di Korea Selatan, tentunya harus siap secara fisik dan mental. Soalnya, tekanan sebagai idol itu cukup berat lho.

Para idol di Korea Selatan umumnya dituntut untuk terlihat sempurna. Enggak hanya pandai menari dan menyanyi, mereka juga harus punya penampilan yang menarik.

Makanya, sejak masih menjadi trainee, mereka akan dilatih untuk menjaga penampilan seperti pola makan yang sehat dan olahraga untuk menjaga bentuk tubuh yang ideal. Selain itu, mereka juga dilarang untuk melakukan beberapa hal.

 

Trainee Idol K-Pop Harus Menjaga Berat Badan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Trainee Idol K-Pop Harus Menjaga Berat Badan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Dilansir dari tayangan Party People si kanal SBS, para personil Blackpink menuturkan bahwa selama menjadi trainee, mereka enggak diperbolehkan untuk merokok, minum alkohol, operasi plastik, hingga mengemudikan kendaraan.

Nah, ada lagi enggak nih fakta menarik yang kamu ketahui tentang idol trainee K-pop, Be-emers?


Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung