Berhasil Menyita Perhatian Dunia, Ini 5 Fakta Sirkuit Mandalika Kebanggaan Indonesia

Motif tenun sasak di Sirkuit Mandalika (Sumber gambar: https://themandalikagp.com/)

Motif tenun sasak di Sirkuit Mandalika (Sumber gambar: https://themandalikagp.com/)

Like

Hai Be-emers, kalian pasti sudah familiar dan pernah mendengar tentang Sirkuit Mandalika kan? Yap, betul sekali. Sirkuit yang menjadi sangat terkenal setelah berlangsungnya event balap motor berskala internasional, MotoGP.

Selain dikenal karena sarana prasarana yang sangat memumpuni, Sirkuit Mandalika juga dikenal karena keindahan alam yang mengelilinginya loh. Bahkan, banyak pembalap yang menyatakan kekagumannya terhadap sirkuit milik Indonesia ini.

Tidak salah lagi apabila MotoGP Indonesia yang berlangsung di Mandalika mulai menjadi salah satu agenda balap favorit yang akan selalu dinanti-nantikan oleh para pembalap dan juga penonton setianya.

Nah, kamu tau nggak selain memikat para pembalap dunia, ini lo 5 fakta Sirkuit Mandalika yang wajib kamu ketahui.

 

1. Miliki 17 Tikungan dengan Panjang 4,31 kilometer

Pertamina Mandalika International Street Circuit atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sirkuit Mandalika merupakan sebuah sirkuit balap internasional milik Indonesia. Sirkuit Mandalika terletak di Lombok Tengah, NTB, khususnya dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Sirkuit ini tercatat berhomologasi A serta memiliki 17 tikungan dalam panjang lintasan yang mencapai 4,31 kilometer.

Kemegahan Sirkuit Mandalika juga ditunjang dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan, di sekitar sirkuit, bertebaran pula objek-objek wisata yang sangat indah, mulai dari Bukit Merese, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Tanjung Aan, hingga Pantai Batu Berang. Wah, pantas saja para pembalap sangat betah di Mandalika, ya Be-emers.



2. Pembangunan Sirkuit

Proses pembangunan Sirkuit Mandalika terbilang sangat cepat, yaitu dimulai pada akhir tahun 2019 dan rampung di akhir tahun 2021 silam. Ini berarti hanya membutuhkan sekitar 1 tahun untuk Indonesia Tourism Development (ITDC) selaku pemilik untuk menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika. Bahkan, di tengah merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia, penggarapan Sirkuit Mandalika ini tetap dilanjutkan.

Proses pembangunan Mandalika Circuit diperkirakan memakan biaya yang tidak sedikit pula loh Be-emers. Berdasarkan pernyataan Advisor Mandalika Grand Prix Association, Dandossi Matram, pengadaan Sirkuit Mandalika membutuhkan biaya kurang lebih sebesar 1,2 triliun rupiah. Wah, terlihat sebanding dengan kualitas yang dihasilkan ya Be-emers.


3. Fasilitas-Fasilitas yang Tersedia

Selain sarana utama berupa sirkuit balap berskala internasional, Mandalika juga menyuguhkan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya yang tidak kalah berkelas. Fasilitas penunjang pertama yang terdapat di dalam Mandalika Circuit adalah Grandstand tribun penonton serta VIP Village.

Di samping kedua fasilitas penunjang utama tersebut, terdapat pula fasilitas penunjang lainnya, yaitu Observation Deck yang berada di bukit, di mana fasilitas ini diutamakan kepada para tamu VVIP yang hendak menyaksikan agenda racing di Sirkuit Mandalika.   


4. Motif Tenun Sasak Sebagai Corak Budaya Lokal

Apabila kalian belum tau, lintasan Sirkuit Mandalika, tepatnya pada bagian aspal luar (run off) yang ada pada tikungan ke-15 dan 16 ternyata memasukkan unsur budaya Indonesia juga loh, yaitu motif tenun sasak. Motif ini dihias dengan mengusung corak Subahnale.

Wah, keren sekali ya Be-emers Sirkuit Mandalika ini. Kalau begini, di samping skala internasional dan keindahan view yang ditawarkan, budaya Indonesia tentu juga dapat makin dikenal oleh masyarakat dunia nih.

5. Rekor Waktu Dalam Satu Putaran 1 menit 32,466 detik

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro menjadi pembalap pertama memecahkan rekor lap pada hari pertama.

Pembalap bernomor 44 itu mencatatkan waktu 1 menit 32, 466 detik

Nah, kira-kira itulah 5 fakta menarik tentang Sirkuit Mandalika ya Be-emers, sirkuit kebanggan Indonesia.

Menarik sekali ya Be-emers. Semoga dengan adanya Mandalika ini, Indonesia kita makin maju dan dikenal di kancah internasional ya.