Ini Alasannya Mengapa Self Healing Tidak Melulu tentang Jalan-Jalan

Self healing sebagai proses penyembuhan diri (Sumber gambar: Canva)

Self healing sebagai proses penyembuhan diri (Sumber gambar: Canva)


Hallo Be-emers, kalian pasti sudah sering mendengar tentang self healing kan? Atau kalian sendiri pernah menjalankan dan mencari cara untuk mencapai self healing?

Sebelumnya, sebenarnya apa sih arti dari self healing itu sendiri?

Yap, benar sekali. Self healing adalah suatu upaya dalam proses seseorang menyembuhkan dirinya sendiri yang biasanya berkaitan dengan gangguan psikologis, seperti stres, patah hati, depresi, dan lain sebagainya.

Nah, gangguan-gangguan psikologis ini dapat timbul dari bermacam-macam sebab lho, Be-emers. Antara lain hubungan sosial, masalah pekerjaan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Self Healing? Belajar Dari Kesalahan, Temukan Jati Diri!
 

Kegiatan Self Healing Selain Jalan-Jalan

Banyak orang masih melihat bahwa self healing cenderung identik dengan jalan-jalan ataupun travelling ke sebuah tempat yang dapat menenangkan diri. Namun nyatanya, self healing itu tidak selalu tentang jalan-jalan ke tempat yang jauh lho, Be-emers.


Self healing sejatinya juga dekat dengan apa yang ada di sekitar kita dan juga tentang hal apa yang kita lakukan. Mau tahu lebih jauh? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.
 

1. Cobalah untuk Lebih Mengontrol Apa yang Ada dalam Pikiran

 

Meditasi sebagai salah satu cara untuk mengontrol pikiran

Meditasi sebagai salah satu cara untuk mengontrol pikiran (Sumber gambar: Google)


Salah satu cara utama untuk melakukan self healing adalah dengan mengontrol pikiran kita sendiri. Pikiran yang kita miliki dapat mempengaruhi sisi aura positif dan negatif yang terbentuk.

Apabila di tengah tekanan psikologis, pikiran kita justru dipenuhi dengan hal-hal negatif maka kita pun akan cenderung makin sulit untuk keluar dan sembuh dari tekanan tersebut. Sebaliknya, apabila kita dapat memilih hal-hal yang lebih positif dalam pikiran, maka kita pun akan lebih mudah dalam mengatur diri kita.  
 

2. Jangan Lupakan Istirahat

 

Istirahat akan menunjang proses healingmu

Istirahat akan menunjang proses healingmu (Sumber gambar: Google)


Istirahat merupakan salah satu kunci yang dapat berpengaruh besar terhadap proses penyembuhan diri atau self healing. Lho, memangnya apa hubungan antara istirahat dan self healing?

Jadi, apabila kita kurang istirahat sesungguhnya kerja tubuh kita akan menjadi berantakan dan berdampak pada ketidakstabilan hormon yang justru dapat memicu keadaan stres yang lebih tinggi. Akibatnya, bukan tenang yang kita dapatkan, justru rasa cemas yang akan mendominasi.

Situasi-situasi ini tentu akan mengganggu proses healing kita. Maka dari itu, jangan lupakan istirahat yang cukup dan hindari begadang ya, Be-emers.  
 

3. Lakukan Hobi dan Kesenanganmu  

 

Berkebun sebagai salah satu hobi yang dapat dilakukan

Berkebun sebagai salah satu hobi yang dapat dilakukan (Sumber gambar: jakartanotebook.com)


Cara ketiga yang dapat dilakukan yaitu dengan menjalani hobi dan kesenangamu. Cobalah untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang kamu senangi, entah olahraga, membaca buku, memasak, dan lain sebagainya.

Dengan menjalani hal yang disukai, pasti kamu akan merasa lebih enjoy untuk berproses dalam menyembuhkan diri. Kamu juga dapat melakukannya bersama teman-temanmu apabila kurang merasa nyaman melakukannya sendiri.

Baca Juga: Ini Hobi yang Bisa Jadi Cuan

Nah, itulah beberapa alasan mengapa self healing tidak melulu tentang jalan-jalan. Namun, apabila kalian memiliki hobi dan sedang ingin berjalan-jalan tentu tidak ada salahnya ya, Be-emers.

Lakukanlah apa yang sekiranya berdampak positif terhadap proses healingmu. Semangat selalu!



Editor: Rachma Amalia