Persiapan Musim Panas, Yuk Intip Bahan Pakaian yang Adem Dikenakan

Macam-macam sample kain (Sumber gambar: Foto oleh Pixabay dari pexel via https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-close-up-palet-warna-kain-259756/)

Macam-macam sample kain (Sumber gambar: Foto oleh Pixabay dari pexel via https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-close-up-palet-warna-kain-259756/)

Like

Sepanjang bulan Mei hingga Oktober, Indonesia akan mengalami musim panas atau musim kemarau. Pada musim tersebut, suhu di wilayah Indonesia akan naik secara signifikan, sehingga menghasilkan efek gerah atau panas.

Terlebih di Indonesia yang berada di jalur khatulistiwa, menjadikannya sebagai daerah yang cukup panas ketika musim panas berlangsung. Oleh karena itu, dibutuhkan sesuatu yang bisa meminimalisir efek gerah yang ditimbulkan.

Tentu banyak hal yang bisa membantu Anda dan kita semua untuk mengurangi efek gerah tersebut. Salah satunya adalah pakaian dengan bahan yang adem. 

Bahan pakaian menjadi salah satu produk atau kebutuhan primer yang pasti dibutuhkan oleh setiap masyarakat. Oleh karena itu, pakaian dengan bahan adem sangat dibutuhkan saat musim panas berlangsung.

Lalu, bahan pakaian seperti apa yang memiliki bahan adem? Bahan pakaian yang bersifat adem dan mampu menyerap keringat dengan maksimal, umumnya didominasi oleh bahan yang berasal dari serat kapas, sutra, linen dan masih banyak lagi.


Karena memiliki sifat tersebut, bahan pakaian seperti itu umumnya dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun, itu setara dengan apa yang akan didapatkan dari bahan-bahan tersebut.

Berikut beberapa jenis bahan pakaian yang memiliki sifat tersebut dan layak untuk dibeli.

Baca Juga: Ini Tips Bikin Kerajinan Berbahan Kain Flanel yang Tidak Banyak Dilakukan Orang
 

Kain Cotton Combed

Bahan pakaian, khususnya baju yang berjenis combed sudah dipastikan memiliki keunggulan yaitu bersifat adem dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Kain ini dibuat dari serat kapas 100 persen dengan memiliki tekstur kain yang lembut dan halus. Keunggulannya, bahan ini mampu menyerap keringat didapatkan dari serat kapas tersebut.
 

Kain Linen

Kain linen dibuat dengan serat alami yang berasal dari tumbuhan linen. Memiliki kualitas kain yang cukup awet sejalan dengan bagaimana perawatannya.

Selain itu, kain linen juga dikenal dengan tekstur bahan yang sedikit kaku namun ringan, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan berbagai produk dan dikenakan. Kualitas dari bahan tersebut memberikan efek sejuk dan mampu menyerap keringat dengan baik. Salah satu produk yang kerap menggunakan bahan tersebut adalah sprei. 
 

Kain Sutra

Tentu sudah tidak asing dengan jenis kain yang satu ini, apalagi kalau bukan kain sutra. Kain sutra memiliki standar kualitas tertinggi di dunia perkainan, karena dari segi tekstur hingga efek yang ditimbulkan memberikan rasa nyaman bagi penggunanya.

Maka tidak heran, jika jenis bahan tersebut dipastikan memiliki daya serap yang tinggi dan sejuk saat digunakan.
 

Kain Cotton Bamboo

Sama halnya dengan kain linen, yang mana terbuat dari bahan alami. Sesuai dengan namanya, kain cotton bamboo terbuat dari kombinasi dua serat alami, yaitu serat cotton atau kapas sebanyak 30 persen dan serat bamboo sebanyak 70 persen.

Keunggulan dari kain dengan gabungan dua bahan tersebut adalah memiliki tekstur yang lembut dan halus, berbahan anti-bakteri, anti-jamur dan anti-bau, serta mampu menghasilkan efek adem atau sejuk saat dikenakan. Bahkan, saat melakukan handfeel, rasa adem tersebut sudah bisa dirasakan.

Baca Juga: Kreasi Tas dari Kain Tenun Bisa Jadi Peluang Cuan Kamu Nih!
 

Kain Chambray

Meskipun musim kemarau, kita tentunya tetap menginginkan agar selalu tampil dalam keadaan prima dan stylish. Salah satu bahan pakaian yang dibutuhkan untuk tampil stylish adalah denim. Namun, sebagian besar denim memiliki bahan yang tebal dan gerah saat dikenakan.

Tetapi terdapat satu bahan denim yang mematahkan stigma tersebut, yaitu kain chambray. Kain tersebut dinilai sebagai jenis soft jeans, dengan tekstur yang tipis dan ringan dibandingkan jenis denim atau jeans pada umumnya. Sehingga, bahan tersebut menghasilkan efek yang adem dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Itu dia beberapa jenis bahan pakaian yang cocok digunakan selama musim kemarau atau panas berlangsung. Tentu masih banyak diluaran sana berbagai jenis bahan pakain yang juga memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik, serta sejuk atau adem saat digunakan




Editor: Rachma Amalia