3 Kreasi dari Bahan Kain Perca

Tempat Tisu (Sumber gambar: Instagram.com/henysoe)

Tempat Tisu (Sumber gambar: Instagram.com/henysoe)


Sekarang, ada solusi lain yang dapat kamu lakukan kalau tidak ingin membeli aksesoris ruangan seperti tempat tisu dan keset.

Soalnya, dapat memanfaatkan potongan-potongan sisa dari kain (kain perca) yang sudah tidak dibutuhkan di rumah kamu.

Kamu hanya perlu mengumpulkan bahan kain tersebut serta alat-alat yang dibutuhkan. Nah, kamu bisa simak di bawah ini sebagai insipirasi barang apa yang sekiranya akan kamu buat.

Baca Juga: Ini Tips Bikin Kerajinan Berbahan Kain Flanel yang Tidak Banyak Dilakukan Orang
 

1. Tempat Tisu

 

Tempat Tisu (Sumber gambar: Instagram.com/henysoe)

Tempat Tisu (Sumber gambar: Instagram.com/henysoe)


Pada umumnya, alat dan bahan untuk membuat tempat tisu adalah kain perca, jarum, benang, kapur, gunting, alat ukur. Untuk membuatnya secara singkat adalah kamu harus membuat polanya terlebih dahulu sesuai kebutuhan menggunakan kapur lalu bentuk dan gunting pola tersebut.


Kemudian, untuk memastikan pola yang digunting sudah pas kamu ukur dulu menggunakan alat ukur. Setelah pas, kamu bisa langsung menjahit tiap sisinya.

 

2. Keset

 

Keset (Sumber gambar: Instagram.com/umi.hamamah)

Keset (Sumber gambar: Instagram.com/umi.hamamah)


Untuk membuat keset dari kain perca sangatlah mudah. Pertama, siapkan bahan serta alat dasarnya terlebih dahulu seperti kain perca, benang, gunting, lem dan alat ukur. Kedua, siapkan kain perca dan gunting hingga menjadi potongan kecil dengan pola yang diinginkan.

Kemudian, siapkan kain perca yang memiliki ukuran lebih lebar dari sebelumnya dan gunting membentuk pola lingkaran atau persegi panjang. Kain perca ini nanti akan digunakan sebagai alas.

Lalu, kain perca yang sebelumnya digunting kecil diletakkan dan dilem ke kain perca yang sudah terbentuk pola lingkaran atau persegi panjang. Selanjutnya, kamu jahit pingggiran dari potongan kain perca yang kecil serta kain perca yang dijadikan alas secara bersamaan supaya erat. Selesai.

Baca Juga: Kreasi Tas dari Kain Tenun Bisa Jadi Peluang Cuan Kamu Nih!
 

3. Sandal

 

Sandal (Sumber gambar: Instagram.com/prakaryasma)

Sandal (Sumber gambar: Instagram.com/prakaryasma)



Kreasi dari bahan kain perca berikutnya adalah sandal. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan kain perca, sandal jepit polos, gunting, lem tembak, pensil, dan aksesoris seperti pita atau manik-manik.  Kemudian, gambar pola sesuai bentuk sandal jepit menggunakan pensil.

Lalu, gunting dan tempel menggunakan lem tembak. Pada bagian ini, kamu harus memastikan seluruh permukaan sandal pada bagian atas sudah tertutup dengan erat dan rapi. Setelahnya, kamu dapat menambahkan beberapa aksesoris untuk mempercantik sandalmu.




Editor: Rachma Amalia