Sedang Membangun Kebiasaan Baru yang Lebih Positif? Ini 3 Buku Rekomendasi yang Cocok Menemani Prosesmu

Menata kebiasaan baik dapat mengubah hidupmu (Sumber gambar: Freepik)

Menata kebiasaan baik dapat mengubah hidupmu (Sumber gambar: Freepik)

Like

Meninggalkan kebiasaan lama dan mengubahnya dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih positif tentu tidak akan mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi pada masa-masa awal usaha yang kita jalani.

Kebiasaan memang terkesan menjadi hal yang sepele sehingga banyak orang yang masih menganggap bahwa kebiasaan tidak mempunyai pengaruh besar dalam hidup seseorang. Padahal, nyatanya kebiasaan itulah yang dapat mengubah pribadi dan diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mulai paham akan krusialnya dampak kebiasaan dalam keseharian. Mereka mulai mengerti betapa kebiasaan yang tadinya dianggap sebagai hal sepele ternyata dapat berperan terhadap kemajuan hidup seseorang.

Baca Juga: Terinspirasi Menjadi Investor Sukses? Ini 3 Buku Rekomendasi Warren Buffet
 

3 Buku Rekomendasi dalam Membentuk Kebiasaan

Nah bagi kalian yang sedang berproses untuk membentuk kebiasaan baru yang lebih baik, ada 3 buku rekomendasi nih yang dapat kalian baca untuk menemani perjalananmu.

Penasaran buku apa sajakah itu? Yuk, langsung intip rekomendasinya di bawah ini!

 

1. Atomic Habits (Karya James Clear)

 

Buku Atomic Habits (Sumber gambar: Website James Clear)

Buku Atomic Habits (Sumber gambar: Google)



Buku ini banyak menekankan bahwa sekecil apa pun perubahan atau langkah yang kalian lakukan justru akan membuahkan hasil yang lebih signifikan apabila dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang.

Sebaliknya, kemunduran atau kesalahan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam proses membentuk kebiasaanmu, itu akan membuat hasil menjadi tidak terlihat. Di samping itu, disebutkan bahwa salah satu faktor yang paling banyak membuat seseorang gagal dalam mengubah kebiasaannya adalah keinginan terhadap hasil yang cepat dan instan.  

 

2. The 5 AM Club (Karya Robin Sharma)

 

Buku The 5 AM Club (Sumber gambar: Google)

Buku The 5 AM Club (Sumber gambar: Google)


Buku karya Robin Sharma yang berjudul The 5 AM Club ini juga tidak kalah menariknya. Buku ini memberikan pandangan baru terkait besarnya manfaat bangun lebih awal dalam pembentukan kebiasaan yang lebih baik.

Robin Sharma juga merekomendasikan prinsip 20-20-20, di mana hal tersebut merepresentasikan beberapa hal yang dapat dilakukan 1 jam kedepan setelah bangun pagi. 20 menit pertama adalah dengan melakukan aktivitas yang dapat mengeluarkan keringat, seperti misalnya berolahraga.

Kemudian, 20 menit kedua adalah dengan melakukan aktivitas yang dapat memberikan suasana tenang, seperti misalnya meditasi. Baru selanjutnya pada 20 menit terakhir, kita dapat melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran, contohnya membaca buku hingga menonton video-video inspiratif.   

 

3. The 7 Habits of Highly Effective People (Karya Stephen R. Covey)        

 

Buku The 7 Habits of Highly Effective People (Sumber gambar: Google)

Buku The 7 Habits of Highly Effective People (Sumber gambar: Google)


Seperti judulnya, buku ini menekankan bahwa setidaknya terdapat 7 kebiasaan penting yang dapat dibentuk untuk menjadi pribadi yang lebih baik, di antaranya adalah proaktif, mempunyai tujuan, mengetahui prioritas, hingga mengasah kemampuan yang dimiliki.

Di samping itu, buku The 7 Habits of Highly Effective People juga mengajarkan kita bagaimana pentingnya untuk bisa menguasai diri dan lingkungan sekitar kita.

Nah, kira-kira itulah beberapa buku rekomendasi yang cocok untuk kalian baca ketika sedang berusaha dalam membentuk kebiasaan yang lebih baik. Semoga beberapa rekomendasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yaa Be-emers.   

Baca Juga: Ini Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Mau Belajar Saham




Editor: Rachma Amalia