Terinspirasi Menjadi Investor Sukses? Ini 3 Buku Rekomendasi Warren Buffet

Warren Buffet (Sumber gambar: Google)

Warren Buffet (Sumber gambar: Google)


Hai Be-emers, siapa nih yang belum kenal dengan sosok Warren Buffet? Yap, Warren Edward Buffet atau yang akrab disapa sebagai Warren Buffet adalah seorang investor hingga pengusaha asal Amerika Serikat yang dapat dibilang sangat sukses pada bidangnya.

Kesuksesan Warren Buffet tentu saja dibangun melalui proses dan perjalanan yang tidak sebentar lho Be-emers. Bahkan faktanya, Warren Buffet ternyata sudah mulai menjalankan bisnis dan belajar tentang investasi sejak Ia kecil. Wah, pantas saja ya kesuksesan Buffet pada hidupnya saat ini menjadi inspirasi dari banyak orang, terutama para pengusaha dan investor.

Ngomong-ngomong soal investasi, dalam beberapa perbincangannya Warren Buffet sering kali membagikan beberapa list atau rekomendasi buku yang Ia katakan menjadi pengantar dalam perjalanan investasinya, terutama investasi saham. Nah, pas banget nih untuk Be-emers yang terinspirasi menjadi seorang investor sukses, yuk baca 3 buku rekomendasi Warren Buffet di bawah ini!



Tiga Buku Rekomendasi Warren Buffet Tentang Investasi

1. The Intelligent Investor (Karya Benjamin Graham)


 

Buku The Intelligent Investor

Buku The Intelligent Investor (Sumber gambar: Google)



Menurut Buffet, The Intelligent Investor adalah salah satu buku terbaik yang pernah Ia baca karena berhasil merubah pandangan terhadap kehidupan finansialnya. Di awal-awal bab, buku ini kental dengan pesan terkait pentingnya faktor psikologis seseorang dalam berinvestasi di pasar saham. Faktor psikologis inilah yang sejatinya sangat krusial untuk membentuk tindakan dan keputusan seseorang ketika berada di dalam market.

Secara garis besar, buku ini berisi tentang bagaimana proses dalam berinvestasi saham, terutama dalam konteks value investing. Prinsip ini juga diterapkan oleh Warren Buffet loh hingga saat ini. The Intelligent Investor berhasil menyajikan informasi-informasi yang relate untuk para investor baru juga loh. Yuk, jangan lupa masukkan buku ini ke list kalian ya Be-emers!   
  

2. Security Analysis (Karya Benjamin Graham dan David L. Dood)

 

Buku Security Analysis

Buku Security Analysis (Sumber gambar: Carousell)



Hampir sama dengan buku The Intelligent Investor, Security Analysis juga berfokus terhadap ilmu-ilmu dalam value investing, yaitu ketika seseorang membeli suatu saham untuk dimiliki dalam jangka waktu yang lama. Buku ini memuat pembelajaran yang berarti tentang perlunya kebiasaan untuk menganalisis sebuah perusahaan sebelum melakukan investasi di dalamnya.

Buku ini nyatanya tidak kalah berdampak besar bagi kehidupan investasi Buffet sehingga tidak salah apabila Security Analysis menjadi bagian dari buku favoritnya.  


3. The Money Game (Karya Adam Smith)    

 

Buku The Money Game

Buku The Money Game (Sumber gambar: Goodreads)



Buku The Money Game adalah salah satu karya Adam Smith yang paling menarik untuk dibaca. Buku ini menjelaskan bahwa pasar saham semestinya bisa dipandang sebagai sebuah game atau permainan. Adam Smith menggunakan study case yang dapat dianalisis secara langsung, yaitu kondisi Wall Street pada tahun 1960-an.

Bagi Warren Buffet, Goodman alias Adam Smith mampu untuk menyajikan informasi yang sangat mengesankan di dalam bukunya karena Ia berpegang terhadap fakta-fakta yang ada.

Nah, itulah 3 buku rekomendasi Warren Buffet tentang investasi, terutama investasi saham. Jangan lupa untuk masukkan list ini ke dalam daftar bacaan kalian ya Be-emers!