7 Cara Sederhana Menjadi Orang Kaya yang Mudah Dicoba

Ilustrasi orang kaya. (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi orang kaya. (Sumber gambar: Canva)


Siapa sih yang tidak mau menjadi orang kaya? Walau uang bukan segalanya, tapi hampir segala hal jadi mudah karena uang. Makanya, bagaimana ya cara menjadi orang kaya layaknya para sultan?

Nah, daripada hanya bermimpi dan kebanyakan berkhayal, tanpa adanya usaha nyata untuk mewujudkannya. Mending kamu terapkan beberapa cara di bawah ini untuk memulai perjalanan mu menuju kekayaan.

Sebab, siapapun bisa menjadi orang kaya kalau mau bekerja keras. Berikut cara sederhana menjadi orang kaya yang mudah dicoba.
 

1. Disiplin Mengatur Keuangan

Hal pertama untuk menjadi orang kaya, tentu kamu harus mencari dan mengumpulkan uang terlebih dahulu. Nah, setelahnya kamu wajib mengelola keuangan dengan baik. 

Bukan cuma menabung, kamu juga perlu mencatat pengeluaran mu secara rinci. Tujuannya, supaya kamu bisa mengidentifikasi mana kebutuhan, dan mana yang cuma keinginan karena khilaf mata saja.

Be-emers bisa mulai mencoba salah satu teori keuangan aturan 50/20/30. Hah? Maksudnya apa sih?


Baca Juga: Ini 7 Trik Ampuh untuk Mengatur Keuangan Bagi Pemula

Maksudnya adalah dengan membagi pengeluaran ke beberapa kategori keuangan, yaitu 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk cicilan dan asuransi. 20% dialihkan ke tabungan dan investasi. Lalu 30 persen buat jajan, seperti berbelanja, hingga kulineran dan hangout di kafe.

Akan tetapi, beda lagi ya perhitungannya kalau kamu punya utang yang cukup banyak. Ditambah, kamu butuh lebih dari 50 persen untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. 

Kamu pun harus bisa menahan diri dengan mengalihkan 30 persen uang jajanmu untuk menambal keperluan lainnya. Tahan dulu ya jajannya, Be-emers.
 

2. Belajar Investasi

Kerja keras dan menabung saja tidak cukup. Kamu juga perlu belajar menginvestasikan uangmu, supaya bisa memberikan passive income tambahan yang lebih besar. 

Baca Juga: Mengintip Ide Beserta Cara Menghasilkan Passive Income Terbaik

Investasi merupakan salah satu cara buat jadi orang kaya yang bisa kamu lakukan dengan mudah, lho. Dengan berinvestasi, Be-emers bisa melipatgandakan uang yang dimiliki. 

Eits, tapi bukan seperti melakukan ritual dengan dukun, ya. Sebab, hasilnya tidak bisa kamu nikmati secara instan, dan perlu beberapa waktu untuk menikmati hasil investasimu. 
 

3. Berani Mengambil Risiko

Tentunya, ketika kamu ingin merubah hidup, pasti ada risiko yang perlu dihadapi. Entah itu dengan memulai usaha baru, berani berinvestasi dengan risiko tinggi untuk hasil yang lebih, dan sebagainya.

Meski berisiko, tapi bisa menjadi langkah awal buat kamu mendapat keuntungan yang lebih besar.
 

4. Berani Bertanggung Jawab

Selanjutnya, setelah berani mengambil risiko. Kamu pun harus mengiringi pengambilan keputusan itu dengan bertanggung jawab, karena sudah memilih langkah tersbut, apapun konsekuensinya.

Jadi, kamu tidak akan menyesalinya di kemudian hari nanti.
 

5. Jangan Hanya Berorientasi Pada Uang

Be-emers juga perlu ingat nih. Kalau untuk menjadi orang kaya engga melulu soal uang, tapi juga ilmu. 

Dengan punya ilmu yang bermanfaat, kamu juga bisa mendapat berbagai kemudahan lainnya. Pekerjaan dapat selesai secara maksimal, keuangan lancar, keluarga bahagia, dan yang paling penting kamu bisa hidup dengan baik karena ilmu yang kamu punya.
 

6. Berkomitmen dan Fokus Pada Proses

Kalau mau jadi orang kaya, kamu juga perlu berkomitmen untuk mewujudkannya dan fokus pada proses yang tengah kamu jalani. Karena itulah, jangan jadikan kekayaan sebagai tujuan, tapi sebagai cambuk yang membuatmu semangat dalam mewujudkan mimpi-mimpimu. Hargai setiap proses usaha yang kamu lakukan, ya!
 

7. Gandakan Penghasilan dengan Passive Income

Sudah pasti seorang sultan punya perdagangan yang tersebar ke mana-mana. Kalau enggak, mana bisa jadi sultan. Nah, itu lah yang kita sebut sebagai passive income atau cuan tambahan. 

Misalnya, Be-emers punya cafe yang sudah berkembang, dan bisa membangun rumah kos untuk disewakan. Maka, kamu bisa menjadikan cafe sebagai sumber penghasilan utama, sementara rumah kos adalah penggandan tambahan. 

Buat kamu yang masih kerja kantoran juga bisa punya cuan tambahan, lho. Coba deh cari passive income lain yang bisa dilakukan sambil rebahan. 

Baca Juga: Mau Dapat Passive Income Optimal dari P2P Lending? Ini Tipsnya

Nah, itu tadi beberapa cara simple dan mudah menjadi orang kaya yang bisa kamu coba. Jika rutin dilakukan, pastinya hidupmu akan jauh lebih baik dan nyaman.



???????Editor: Rachma Amalia