Selain Efisien, Ini Manfaat Lain dari Reksa Dana

Manfaat Lain dari Reksa Dana ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Manfaat Lain dari Reksa Dana ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Reksa dana tentunya bisa menjadi alternatif investasi kamu nih, Be-emers. Lalu, apa saja sih manfaat investasi reksa dana?

Reksa dana memang dikenal dengan modal investasi yang cukup bersahabat dengan kantong dan efisiensi waktu. Nah, keuntungan dari reksa dana ini tentunya menarik perhatian para investor untuk memilihnya sebagai investasi.

 

Manfaat Lain dari Reksa Dana ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Manfaat Lain dari Reksa Dana ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

 

Manfaat Lain dari Reksa Dana

Selain itu, ternyata ada sejumlah manfaat lain jika kamu berinvestasi reksa dana lho, Be-emers. Sebelum memulai investasi, yuk kenali manfaat reksa dana berikut ini.

Baca Juga: Ketahui 3 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Reksa Dana
 

1. Kemudahan Investasi

Selain efisiensi waktu, reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi secara profesional, akan membawa keuntungan lain berupa adanya akses informasi dan perdagangan efek, Sehingga, Be-emers pun sebagai investor akan mendapat rekomendasi peluang investasi terbaik.

Pengelolaan yang dilakukan oleh manajer investasi reksa dana ini juga membawa kemudahan bagi para investor seperti proses transaksi serta kemudahan pencairan reksa dana. Sebagai investor, reksa dana Be-emers bisa langsung diuangkan secara efisien dengan cara dijual kembali kepada manajer/pengelola investasi tersebut.


Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), satu hal lain yang menjadi keunggulan dari reksa dana adalah adanya akses atau kemudahan bagi para investornya untuk lebih leluasa memilih jenis investasi dan leluasa pula untuk berpindah ke jenis lainnya sesuai tujuan dan kebutuhan investasi dari investor.
 

2. Efisiensi Biaya dan Bebas Pajak

Reksa dana memberikan keuntungan bagi investor dengan modal minim. Sebab, reksa dana menawarkan investasi dengan biaya yang relatif lebih ringan dibanding instrumen investasi lainnya. 

 

Manfaat Lain dari Reksa Dana ilustrasi Bisnis Muda

Manfaat Lain dari Reksa Dana ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Dengan sistem penghimpunan dana dalam skala besar yang dilakukan manajer investasi, membuatnya dapat dialokasikan secara ekonomis. Tak hanya biaya atau modal investasi yang cukup efisien, reksa dana dinilai sangat menguntungkan karena tidak dibebani pajak.

Di laman resminya, OJK menyebutkan bahwa hasil keuntungan dan penjualan kembali reksa dana tidak dikenai pajak. Artinya, Be-emers akan dapat keuntungan yang bersih dari reksa dana.

Baca Juga: Perhatikan! Sejumlah Aset Investasi Ini Kena Pajak Lho
 

3. Diversifikasi dan Memperkecil RIsiko

Lebih dari itu, Bursa Efek Indonesia menjabarkan sejumlah manfaat lain yang akan didapatkan melalui investasi reksa dana, terutama di pasar modal. Salah satunya adalah  diversifikasi investasi dalam efek.

Walau investor tidak punya dana cukup besar, namun tetap dapat melakukan diversifikasi investasi dalam efek. Lazimnya, investor dapat memiliki portofolio jika memiliki dana besar. 

Namun, karena menggunakan reksa dana, maka dana yang terhimpun dalam jumlah besar akan memudahkan diversifikasi, baik untuk instrumen di pasar modal maupun pasar uang.

Diversifikasi di sini disebut juga sebagai pembagian risiko. Dengan kata lain, melalui diversifikasi, dana investasi Be-emers yang dikelola oleh manajer investasi dapat ditempatkan ke beberapa macam instrumen investasi yang ada di pasar modal. Hal ini tentunya dapat memperkecil risiko.

Dengan berbagai manfaat yang tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba dan memulai berinvestasi di reksa dana dari sekarang.


Keuntungan apa lagi nih yang kamu ketahui dengan berinvestasi di reksa dana?

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung